Minggu, 18 Okt 2020 07:00 WIB

Suara Audio Mobil Hilang? Ini 5 Penyebabnya

Rizki Pratama - detikOto
Venom Luncurkan 5 Audio Baru Kenali penyebab audio mobil rusak. Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Berkendara kini tak hanya sekedar berpindah dari satu tempat ke tempat. Fitur hiburan, seperti audio tape selama berkendara kini juga menjadi sarana wajib bagi mereka yang melakukan perjalanan.

Tentunya perjalanan akan terasa menjenuhkan jika anda berkendara tanpa ada musik-musik kesukaan. Perangkat audio ini seperti halnya fitur lain dalam mobil dapat rusak. Auto2000 mengungkapkan ada beberapa penyebab yang membuat audio tape pada mobil tidak mengeluarkan suara, berikut uraiannya.

1. Salah Pasang

Penyebab pertama suara tape tidak keluar adalah kesalahan pada proses pemasangannya. Terkadang masalah ini tidak muncul sesaat setelah dipasang, tapi di kemudian hari.

Kesalahan pemasangan ini biasanya berasal dari komponen yang aus karena tidak terpasang tepat. Jika kesalahannya terkait kelistrikkan, bisa saja masalah ini merambat ke bagian kelistrikan mobil lainnya.

2. Salah Pilih Perangkat Audio

Beberapa orang juga memilih untuk menambahkan sarana hiburan mobil ini dengan memasang produk aftermarket. Namun, setiap mobil punya spesifikasi standar pabrik yang harus sesuai dan terkadang tak sama dengan buatan aftermarket.

Tidak cocoknya spesifikasi biasa juga terjadi pada kelistrikan, lebih tepatnya pada kemampuan daya listrik mobil. Pastikan saat upgrade audio tidak memaksakan spesifikasi mobil standar bawaan pabrik.

3. Masalah Kelistrikan Mobil

Penyebab lain audio tak selamanya berpusat di perangkat tersebut. Sumber utama energi listrik yang sudah rusak bisa saja menjadi akar permasalahannya yang menyebabkan ketidakstabilan arus lstrik. Hal ini menimbulkan risiko kerusakan pada komponen audio Anda.

4. Perangkat Audio Berdebu

Debu adalah musuh besar segala sistem mekanis dan kelistrikan. Ketika debu mulai menumpuk banyak fungsi-fungsi terhambat dan tak bekerja dengan baik.

Apalagi perlu Anda ketahui bahwa sistem audio itu memiliki penutup yang rapat. Kalau debu sudah masuk, maka susah keluar dengan sendirinya tanpa ada usaha pembersihan lebih serius. Jadi sebaiknya Anda selalu menjaga kebersihan setiap komponen audio. Dimulai dari head unit, kabel, speaker, dan power unit.

5. Audio Masih Hidup saat Mematikan Mesin

Ada satu perilaku yang salah dan harus dijauhi sejak sekarang yaitu mematikan mesin mobil dengan kondisi sistem audio masih menyala. Kemudian ketika mobil dinyalakan kembali, sistem audio langsung menyala mendadak. Hal ini akhirnya menimbulkan aliran listrik yang besar.

Kesalahan yang sering dilakukan tanpa disadari ini akhirnya membuat beberapa komponen di dalam sistem audio cepat aus. Mengapa bisa begitu? Tentu saja karena tiap komponen tersebut menerima arus listrik yang hebat dan menghentak secara tiba-tiba. Bahkan kalau perilaku ini tetap dilakukan, maka ada komponen yang berisiko jebol atau hangus.



Simak Video "Optimisme JAV Week 2019 Sambut Masa Depan Audio-Visual di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/riar)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com