3 Tanda Karet Wiper Mobil Kamu Sudah Harus Diganti

Rizki Pratama - detikOto
Kamis, 08 Okt 2020 06:06 WIB
Bosch melalui Divisi Automotive Aftermarket (AA) baru-baru ini meluncurkan wiper flat-blade terbarunya, yakni Bosch Clear Advantage, yang memberikan performa unggul untuk mobil-mobil Asia bahkan di kondisi cuaca ekstrem sekalipun. Diperkuat teknologi flat-blade dari Bosch,  wiper Bosch Clear Advantage ini menggabungkan pegas baja tunggal dan formulasi karet eksklusif yang menghadirkan distribusi tekanan yang merata ke seluruh bilah wiper dan kaca depan mobil.
Periksa wiper mobil sebelum menghadapi musim hujan. Foto: Bosch
Jakarta -

Visibilitas merupakan hal utama yang wajib dimiliki pengendara mobil. Beberapa kondisi seperti hujan membuat visibilitas berkurang, namun dapat diantisipasi dengan yang namanya wiper mobil.

Nah, supaya saat berkendara dengan mobil visibilitas tetap nyaman dan aman penting bagi anda memeriksa wiper terlebih dahulu. Jangan sampai rusaknya wiper mengurangi kenyamanan dan bahkan berujung malapetaka.

Air yang menutupi kaca depan mobil dapat diseka oleh wiper berkat adanya karet. Kondisi karet ini sebenarnya yang berperan penting membersihkan kaca mobil dari segala benda atau distraksi pandangan.

Ada beberapa hal yang dapat menjadi indikator apakah karet wiper mobil perlu diganti atau tidak. Berikut ciri-cirinya seperti dikutip dari situs resmi Honda Indonesia.

1. Masih Ada Sisa Air Saat Wiper Digunakan

Cobalah menyirami kaca mobil dengan air dan bersihkan menggunakan wiper. Jika kaca dapat kering tanpa menyisakan bercak air artinya karet wiper masih dalam kondisi prima. Sebaliknya jika masih menyisakan bercak air, berarti karet tak lagi bekerja baik dan perlu diganti.

2. Timbul Suara Berdecit

Saat melakukan percobaan di atas coba juga dengarkan apakaha ada suara berdecit yang keluar saat wiper beroperasi. Apabila menimbulkan suara berdecit, artinya karet tak lagi fleksibel atau mulai mengeras.

Karet wiper yang sudah mengeras selain tak efektif menyeka air juga dapat menimbulkan masalah lain. Karet yang keras ini dapat membuat kaca mobil menjadi baret dan semakin memperburuk visibilitas pengemudi.

3. Bentuk Karet Mulai Tidak Bagus

Cara terakhir adalah dengan melihat dan menyentuh langsung bentuk karet wiper mobil anda. Apabila teksturnya kasar, terdapat retakan atau pecah-pecah, bentuk pinggiran tidak rata serta keras saat disentuh, maka karet wiper anda sudah terlalu aus dan harus segera diganti.

Sementara itu dari bentuknya, karet wiper yang tidak bagus akan terlihat tidak lurus atau agak melengkung. Artinya saat bekerja ada bagian kaca yang tidak tersapu oleh karet wiper.



Simak Video "Motor Listrik Mengaspal di Kota Bandung"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)