Rabu, 04 Mar 2020 08:11 WIB

Corona Mewabah, Pengendara Jangan Meludah Sembarangan Ya!

Ridwan Arifin - detikOto
Jawa Barat siaga 1 virus corona, pasca dua warga Depok positif corona. Untuk menangkal penyebaran virus tersebut, warga Kota Bandung ramai-ramai gunakan masker. Pemotor dilarang meludah sembarangan ya. Foto: Wisma Putra
Jakarta -

Meludah sembarangan memang kebiasaan yang tidak baik. Namun kebiasaan ini kerap dijumpai di jalan untuk pengendara motor atau mobil.

Dokter Wibisono, salah satu bagian dari komunitas moge yang anggotanya berprofesi sebagai dokter, MedDocs & Friends Indonesia mengatakan, meludah sembarangan bukan hanya tidak mengenal etika, tapi juga dapat menimbulkan potensi bahaya bagi lingkungan melalui kontak langsung.

"Bahaya sekali, itu memang tidak dianjurkan, bukan hanya untuk virus Corona ya," kata dr Wibisono salah satu anggota komunitas moge Meddocs saat dihubungi detikcom, Selasa (3/3/2020).

"Tidak hanya air liur ya, kadang-kadang dahak juga keluar di situ kan. Bisa infeksi dari kuman pneumonia, kuman TBC, itu bisa keluar lewat dahak itu semua," kata pria yang menjadi Ketua MedDocs & Friends Solo Raya ini.

Pria yang berdinas di RS DR. Moewardi Solo, PKU, dan RS Indiarti Solo tersebut menyebut, virus dan bakteri dapat berpindah melalui droplet (partikel air kecil) yang bertugas untuk membawa mikroorganisme.

Wibisono menjelaskan droplet saat batuk atau bersin tidak terlihat. Akan tetapi, partikel itu bisa menjadi media penularan sebuah virus. Kebiasaan meludah dan membuang dahak sembarangan bisa menyebarkan kuman tersebut ke sekitar.

"Meludah di sembarang tempat bisa menular (penyakit-Red) ke orang sekitar, makanya sangat tidak dianjurkan," jelas dia.



Simak Video "Per 7 Juli, Pemerintah Periksa 17.816 Spesimen Corona di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com