Kamis, 27 Feb 2020 17:51 WIB

Mau Aman Nyalip Truk? Pahami Kode-kode Ini dari Pak Sopir

Ridwan Arifin - detikOto
Aktivitas truk kontainer di Jakarta Utara kembali beroperasi. Kini truk-truk tersebut sudah memenuhi jalan di kawasan Tanjung Priok. Pahami kode sopir truk agar kendaraan lain aman untuk menyalip Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Menghindari kecelakaan di jalan bisa dilakukan dengan memahami situasi yang terjadi. termasuk memberikan kode antar pengemudi. Apalagi menyalip kendaraan besar seperti truk dan bus perlu perhitungan yang matang.

Salah satu sopir truk Achmad Darwilis dari PT Pertamina Patra Niaga memberikan tips aman saat menyalip kendaraan besar, yakni memahami kode dari lampu sein. Namun pertama hal yang harus dilakukan pengemudi lain yang hendak mendahului ialah memberikan sinyal komunikasi.

"Kami (sopir truk) yang jelas harus tetap waspada, kalau untuk traffic-nya mau mendahului truk tersebut, lebih baik mereka (kendaraan lain) menggunakan komunikasi, minimal kalau mau mendahului minimal kasih sign kanan, atau klakson," ujar Achmad Darwilis di Tangerang Selatan, Rabu (27/2/2020).

Hal ini perlu dilakukan sebab truk memiliki dimensi besar dengan titik buta atau blind spot bagi pengemudinya.

"Kalau nggak melakukan komunikasi tersebut, kadang-kadang kan kami (sopir truk) juga missed," ujar Achmad.

Setelah memberikan sinyal, para sopir truk juga akan memberikan tanda aman kendaraan lain untuk menyalip.

"Kan banyak pengemudi yang kalau mau mendahului asal nyalip aja, kan bisa aja kalau mereka mau menyusul padahal di depan ada tikungan, kita harus tetap waspada," kata Achmad.

"Kalau di depan tidak memungkinkan untuk menyalip, biasanya kami kasih sign ke kanan," kata Achmad.

Bila hal ini dilakukan Achmad menyebut pengendara truk hendak mengatakan, sebaiknya Anda tidak mendahului dikarenakan kondisi tidak aman. Besar kemungkinan karena di depan ada tikungan atau kendaraan lain dari arah berlawanan.

"Kalau kondisinya aman, biasanya kami kasih sign kiri atau menurunkan kecepatan supaya mereka bisa mendahului," ujar dia.

Namun sebelum menyalip, hal lain yang perlu diperhatikan ialah blind spot. Hal termudah yang bisa dilakukan adalah melalui spion truk. Bila kepala pengemudi truk terlihat dari kaca spion truk. Ini menandakan posisi kendaraan tidak berada di titik buta bodi truk.

"Yang jelas kalau untuk kami pengemudi truk, kami sudah terlatih. Untuk pengedara lain, kalau mau mendahului truk, minimal klakson atau nyalakan lampu sein," kata Achmad.



Simak Video "Nekat! Begini Rekaman Aksi Begal Sopir Truk di Tol Kemayoran"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com