Selasa, 11 Feb 2020 19:39 WIB

Dear Ladies, Lakukan 8 Hal Ini untuk Cegah Kejahatan di Taksi Online

Luthfi Anshori - detikOto
Ilustrasi Grab Ilustrasi aplikasi taksi online (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Tengah ramai kabar soal upaya penculikan yang terjadi di taksi online. Untuk menghindari hal-hal buruk, ini tips yang bisa dilakukan para ladies.

Pengguna transportasi berbasis aplikasi di Jakarta dikejutkan dengan kabar upaya 'penculikan' yang dilakukan oleh sopir taksi online. Meski kemudian kedua pihak memutuskan berdamai, ada beberapa hal yang bisa dipelajari dari peristiwa tersebut.

Nah, untuk mencegah kejahatan tersebut berulang, atau diri kita menjadi korban, ada baiknya detikers, khususnya kaum hawa, mengetahui langkah-langkah preventif untuk mengatasi kejahatan tersebut.

Seperti dikatakan Instruktur Safety Driving, Andry Berlianto, ada 8 hal yang bisa dilakukan kaum perempuan untuk mencegah terjadinya kejahatan di atas taksi, khususnya taksi online. Apa saja langkahnya?

Pertama, adalah selalu menyamakan data pengemudi di aplikasi, dengan pengemudi asli yang membawa kita. Langkah kedua adalah dengan melakukan screenshot profil driver dan data kendaraan. Sekadar untuk jaga-jaga.

"Ketiga proaktif membuka pembicaraan terkait profil driver atau bertanya dan ngobrol tentang beberapa hal sederhana. Keempat, pastikan arah mengemudi sama dengan tujuan, jika ada rute alternatif pastikan kita juga mengetahuinya (familiar)," kata Andry, kepada detikcom, Selasa (11/2/2020).

Kemudian langkah kelima adalah, jangan sungkan menegur jika ada hal-hal yang janggal atau tidak sesuai. Keenam, manfaatkan emergency button jika pada taksi online tersebut tersedia.

Langkah ketujuh yakni mengirimkan pesan ke kerabat atau kawan jika sesuatu yang janggal terjadi. Cara ini juga bisa dilakukan dengan memberi lokasi terkini melalui aplikasi maps, maupun aplikasi whatsapp yang bisa memberi tahu lokasi secara langsung (live location).

"Terakhir, jika ada tindakan fisik yang terjadi, segera buka kaca (jika memungkinkan) untuk mencari bantuan," pungkasnya.



Simak Video "Beraksi Brutal Lukai Sopir Taksi Online, Perampok Ini Didor Polisi!"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com