Kamis, 19 Des 2019 20:03 WIB

Pakai Roof Box Lewat Tol Layang Japek, Waspada Tak Bisa Masuk

Ridwan Arifin - detikOto
Masuk Tol Jakarta-Cikampek Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Tol layang Jakarta-Cikampek resmi dibuka untuk umum namun hanya untuk kendaraan golongan I non truk dan non bus. Hanya untuk kendaraan kecil seperti SUV, MPV, hingga Sedan.

Menjadi catatan penting sebab pengguna harus memperhatikan lagi tinggi dari mobil apalagi jika menggunakan bagasi tambahan di atap mobil, seperti roof rack, roof bag, atau roof box.


Bila mobil sudah dipasang roof box diganti dengan profil ban yang lebih besar dan tinggi besar kemungkinan mobil tidak bisa lewat. Sebab maksimum tinggi pintu masuk Tol layang Japek hanya 2,1 meter.

Walhasil pengguna mobil diharapkan lebih hitung-hitungan lagi terkait pemasangan roof box di atas mobil sebab keberadaannya otomatis membuat mobil bertambah tinggi.

Melihat roof box yang dijual melalui situs jual beli online di pasaran Indonesia rata-rata berukuran tinggi 30 cm hingga 45 cm. Angka ini belum didapat dari bagian dasar roof box yang ditopang cross box dan roof rail, yang memiliki jarak tambah kira-kira 10 cm. Dan bila dipasang semua membuat mobil lebih jangkung hingga 40 - 55 cm.


Berpergian dengan mobil Low MPV seperti Avanza, Ertiga, atau Xpander? yang rata-rata memiliki tinggi hinga 1.690 mm atau 1,69 meter. Maka setelah ditambah roofbox yang tingginya 40 cm totalnya 2,09 meter masih bisa melewati pintu tol. Namun tidak bagi ukuran dengan tinggi roofbox yang mencapai 50 cm, tinggi mobil menjadi lebih jangkung hampir 2,2 meter.

Sedangkan mobil SUV seperti Pajero dan Fortuner misalnya memiliki tinggi 1.805 mm, bila menggunakan roofbox tambahan 40 cm, maka tidak bisa melewati pintu masuk tol yang hanya dibatasi 2,1 meter.


Asumsi ini merupakan kondisi mobil yang semuanya masih standar tanpa ada ubahan khususnya di sektor kaki-kaki. Nah detikers, ada baiknya dihitung kembali tinggi mobil Anda setelah memasang roofbox sebelum melintas ke Tol Layang Japek, sebab untuk saat ini belum ada gerbang tol yang tanpa pembatas.

Simak Video "Tol Japek Padat, Polisi Perpanjang Contraflow Hingga Km 65"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com