Selasa, 12 Nov 2019 16:03 WIB

Cara Gotong Korban Kecelakaan Lalu Lintas, Perhatikan Kepala

Ridwan Arifin - detikOto
Foto: Edi Wahyono Foto: Edi Wahyono
Jakarta - Menyelamatkan korban kecelakaan lalu lintas menjadi satu hal yang tidak bisa disepelekan, ada beberapa prosedur agar korban bisa selamat. Termasuk dalam hal mengangkat dan memindahkan korban ke tempat yang lebih aman.

Pedoman ini juga tertuang dalam buku saku "Jadilah penolong kecelakaan di jalan" yang digadang oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, dan World Health Organization.



Terkadang bagi yang tidak mengerti sering kali mengangkat korban tanpa pertimbangan, dan tidak melihat adanya cedera. Ketika korban mempunyai cedera di salah satu bagian tubuh, dan kita salah memindahkannya, bisa-bisa cedera itu menjadi semakin parah.

Dalam memindahkan korban pastikan posisi agar tubuh korban tidak mengalami banyak perubahan atau pergerakan.

Pertama, ada standar minimal jumlah penolong. Disebutkan pemindahan pada setiap korban yang tidak sadarkan diri harus dilakukan oleh minimal 3 orang penolong. Posisi saat pindahkan korban seperti mengangkat jenazah, jangan memindahkan korban seperti menenteng atau menjinjing.

Foto: Screenshot Buku buku saku "Jadilah Penolong Kecelakaan di Jalan"


Sedangkan posisi penolong pada saat memindahkan korban adalah, satu orang pada bagian atas meliputi kepala sampai bahu, kemudian 1 orang bagian tengah meliputi bagian punggung sampai pantat dan 1 orang selanjutnya bagian bawah mulai dari lutut sampai mata kaki.


Kemudian harus menganggap korban tersebut mengalami fraktur (retak atau patah tulang) di bagian leher. Dengan begitu, kita sangat berhati-hati dalam menanganinya. Untuk mengangkat korban, yang terpenting adalah bagian kepala. Hindari posisi korban menggantung terutama bagian leher/kepala.

Yang perlu dicatat adalah, lakukan semua langkah benar-benar secara perlahan dengan penuh kehati-hatian.

Simak Video "Atasi Diare Pertama dengan Buat Cairan Oralit Sendiri!"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com