Minggu, 06 Jan 2019 09:51 WIB

Harga Pertamax Cs Turun, Mau Ganti BBM Lagi? Simak Dulu Efeknya

Dina Rayanti - detikOto
Ilustrasi isi BBM jenis Pertamax. Foto: Agung Pambudhy Ilustrasi isi BBM jenis Pertamax. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertamax Series alipas Pertamax Cs turun lagi. Penurunan harga berkisar Rp 100-250 per liternya.

Pertalite turun Rp 150 per liter, Pertamax turun Rp 200 per liter, Pertamax Turbo turun Rp 250 per liter, Dexlite turun Rp 200 per liter, dan Dex turun Rp 100 per liter.


Otolovers ada yang berniat mengganti BBM lagi kembali ke Pertamax Cs karena harganya turun? Sebenarnya hal itu sah-sah saja, tapi ada baiknya perhatikan dampak ke kendaraan Anda.

Kebiasaan menggonta-ganti BBM memang tidak menimbulkan efek besar. Namun kalau lama-kelamaan didiamkan membuat performa mesin tidak bisa bekerja secara maksimal.

Masalah yang paling sering timbul karena hobi menggonta-ganti BBM adalah mesin yang bakalan mengelitik.

"Berpotensi menimbulkan gejala knocking saat digunakan. Karena potensi bisa langsung ataupun beberapa tahun ke depan," tutur Technical Service Executive Coordinator PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Anjar Rosjadi beberapa waktu lalu.

Gonta-ganti BBM tidak hanya berpotensi merusak mesin mobil saja. Motor pun demikian. Motor yang harusnya bisa berjalan lebih kencang, namun bisa lebih melambat akibat kebiasaan menggonta-ganti BBM.


"Akibatnya tarikan motor jadi terasa berat, top speed berkurang, konsumsi BBM boros, gas buang baunya tajam dan pedih di mata, mesin gampang ngelitik," ucap Tri Yuswidjajanto Zaenuri, pakar energi ITB Bandung. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed