Senin, 30 Apr 2018 16:57 WIB

Oli Mesin Lebih Bagus untuk Gantikan Minyak Rem? Cuma Mitos!

Ruly Kurniawan - detikOto
Rem cakram motor. Foto: Dadan Kuswaraharja Rem cakram motor. Foto: Dadan Kuswaraharja
Jakarta - Demi mendukung kinerja pengereman pada kendaraan bermotor, penggunaan minyak rem menjadi hal yang sangat penting. Sebab, fungsi minyak rem ini untuk mengatur tekanan pada kaliper saat mencengkeram disk brake dengan baik. Tapi pada keadaan tertentu, minyak rem lama kelamaan akan terkontaminasi dengan air sehingga menciptakan angin palsu yang membuat rem tidak pakem.

Untuk mengakali hal tersebut, beberapa pengguna sepeda motor percaya kalau oli mesin mampu bekerja dengan baik untuk hal tersebut. Maka, terciptalah mitos bahwa oli mesin mampu memberikan kinerja pengereman pada motor lebih baik daripada minyak rem itu sendiri. Pertanyaannya, apakah benar begitu?



Menanggapinya, Business Director PT Laris Chandra sebagai distributor STP di Indonesia, Stanley Tjhie mengatakan, oli mesin sebagai pengganti minyak rem hanyalah mitos. Dirinya mengungkapkan bahwa menggunakan oli mesin untuk mendapat pengereman malah bisa membuat rusak komponen rem. Karena, minyak rem mempunyai spesifikasi yang berbeda dengan pelumas mesin.

"Minyak rem itu memiliki kandungan untuk merawat seal yang ada di dalam sistem rem dan ini tidak dipunya oleh oli mesin. Maka, mereka itu fungsinya sangat berbeda, di mana titik didih minyak rem lebih tinggi ketimbang oli mesin," kata Stanley di JIExpo Kemayoran, Jakarta.



"Bisa-bisa malah merusak bagian rem kalau seperti itu," tambahnya.

Mungkin, lanjut Stanley, untuk beberapa motor berpengaruh. Namun alangkah baiknya jangan mencoba dan terus-menerus menggunakan oli mesin sebagai pengganti minyak rem. Selalu gunakan pelumas yang sesuai dengan peruntukan.

"Daripada tidak aman, gunakanlah pelumas sesuai dengan fungsinya, kadarnya, jangan terlalu eksperimen," kata Stanley. (ruk/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed