Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Kamis 30 November 2017, 14:49 WIB

Ingat! Ban Jadi Faktor Paling Penting Saat Hujan

M Luthfi Andika - detikOto
Ingat! Ban Jadi Faktor Paling Penting Saat Hujan Berkendara di musim hujan (Foto: detikFoto)
Jakarta - Beberapa waktu terakhir hujan melanda di berbagai wilayah di Indonesia. Berkendara dengan baik dan benar wajib diterapkan saat berkendara, agar keselamatan berkendara bisa terwujud.

Secara umum, ada satu peranti paling penting pada kendaraan yang harus diperhatikan saat hujan, yaitu ban.

Ban mungkin terlihat begitu sepele dan terkadang luput dari perhatian. Untuk itu Instruktur dan Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu, mengingatkan untuk memperhatikan ban sebelum berkendara pakai mobil ataupun motor.

"Pada prinsipnya mobil dan motor ada hal-hal yang sama yang perlu diperhatikan baik pengendara mobil ataupun motor. Pertama perhatikan kondisi kendaraan, terutama ban," ujar Jusri kepada detikOto, Kamis (30/11/2017).

Jusri menambahkan tekanan angin ban memiliki peran penting.

"Tekanan angin harus di bawah normal atau 2 psi dari normal, misalnya 30 psi jadi 28 psi, agar memudahkan traksi, tapi bukan kempes ya. Jika kempes ini sangat berbahaya. Selanjutnya telapak ban dari TWI (Tread Wear Indicator) yang ada pada sisi ban dengan simbol segitiga, ini tidak boleh kurang dari 2 milimeter. Kalau mobil jip atau SUV tidak boleh kurang dari 4 milimeter, truk tidak boleh kurang dari 8 milimeter. Sedangkan untuk motor itu sama seperti mobil tidak boleh kurang dari 2 milimeter," katanya.

Tidak kalah penting yang harus diperhatikan pada ban, saat musim penghujan, adalah umur ban. Umur ban tidak lewat dari empat tahun.

"Walaupun kondisi fisiknya masih terlihat bagus. Karena kualitas dari karet-nya sudah mengalami penurunan. Ini sangat mudah membacanya, terdapat pada dinding ban. Ada 4 nomor yang menunjukkan waktu produksi ban tersebut," ujarnya. (lth/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +