Maling Motor Semakin Ganas, Ini 6 Cara Ampuh Hindari Tindak Pencurian

ADVERTISEMENT

Maling Motor Semakin Ganas, Ini 6 Cara Ampuh Hindari Tindak Pencurian

Luthfi Anshori - detikOto
Minggu, 18 Des 2022 15:39 WIB
Video detik-detik pelaku pencurian sepeda motor tertangkap CCTV di Gerokgak, Buleleng.
Ilustrasi maling motor. Foto: Istimewa
Jakarta -

Para pemilik motor pasti menginginkan motornya aman dan terhindar dari risiko pencurian. Tapi tak bisa dimungkiri, saat ini cukup banyak tindak pencurian, khususnya tindak curanmor atau pencurian kendaraan bermotor. Bagaimana caranya agar motor kita aman dari pencurian?

Ada banyak cara untuk mengamankan motor kita, mulai dari hal yang simpel sampai dengan yang kompleks. Hal itu dilakukan guna meminimalisir pencurian motor yang tentu sangat merugikan, baik materi maupun waktu.

Dijelaskan Yamaha dalam keterangan resminya, berikut ini beberapa tips anti maling motor yang bisa dilakukan dengan mudah:

1. Gunakan fitur keamanan tambahan, karena semua tingkat keamanan motor pasti punya peluang ditembus. Tetaplah menggunakan kunci ganda di area lain misalnya kunci disc, alarm dan alat lainnya.

2. Jangan taruh motor sembarangan karena motor yang paling rentan dicuri adalah yang ditaruh di luar pagar. Apalagi di daerah padat penduduk, di mana biasanya warga sekitar malah kurang menghiraukan hal-hal di sekitar mereka.

3. Perhatikan pengamanannya meski tidak menggaransi keamanan 100%, selalu tinggalkan motor dalam keadaan terkunci setang. Selain itu, bisa juga ditambah dengan gembok velg, atau gembok rem cakram. Paling tidak pencuri akan berpikir dua kali sebelum melakukan aksinya. Untuk memaksimalkan keamanan, mengunci setang motor ke arah kanan. Meski tak sepenuhnya mencegah pencurian, tapi minimal bisa mempersulit usaha si pencuri. Karena mengunci setang ke kanan tidak memberikan banyak ruang kepada maling untuk membobolnya.

4. Menambahkan alarm yang masih menjadi salah satu indikator maling yang ampuh. Jika motor disentuh secara tidak sengaja atau secara sengaja, motor akan memberikan sinyal dan membunyikan alarm dengan keras dan tentunya akan membuat maling panik dan membuka peluang maling jadi ketahuan.

5. Jika motor ditinggal di rumah untuk waktu yang lama karena melakukan perjalanan jauh, bisa melepaskan beberapa komponen penggerak dari motor yang vital. Misalnya melepas busi, ban, atau yang lainnya. Jika sudah dilepas, letakkan di tempat lain yang berbeda dengan motor.

6. Gunakan keyless ignition system yang sekarang sudah menjadi fitur wajib pada motor baru. Sistem ini sangat bermanfaat untuk melindungi motor dari maling karena tidak punya lubang kunci dan starter tidak akan bisa menyala jika remote berada lebih dari 1 meter dari kuncinya, ini akan menyulitkan maling untuk menyalakan motor.



Simak Video "Kapan Sebaiknya Motor Ganti Oli?"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT