Begini Tips Naik Motor Trail untuk Orang Berpostur Pendek

ADVERTISEMENT

Begini Tips Naik Motor Trail untuk Orang Berpostur Pendek

Septian Farhan Nurhuda - detikOto
Sabtu, 17 Des 2022 14:30 WIB
Para pebalap  WMX GP Race memacu kecepatan saat dilakukannya start pada WMX GP Race 1 seri 2 MXGP yang berlangsung di Pangkal Pinang, Sabtu (04/03/2017). Pebalap wanita asal Belanda Nancy Van De Ven berhasil mejadi juara pertama WMX GP Race 1 dengan catatan waktu 26:31.788. Grandyos Zafna/detikcom
Tips naik motor trail untuk orang bertubuh pendek. Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Berbeda dengan motor harian, motor trail atau off road biasanya punya postur lebih tinggi. Sebab, kendaraan tersebut digunakan untuk menerjang lintasan ekstrem yang penuh tanah dan bebatuan. Untuk bisa mengendarainya, ada trik khusus. Terlebih buat orang yang memiliki postur tubuh pendek.

Ketua Umum komunitas Honda CRF 250 Jawa Barat (Jabar), Ade Tawnia memastikan, orang-orang bertubuh pendek sebenarnya bisa mengendarai motor trail atau dual-purpose dengan baik. Syaratnya, kata dia, mereka harus memahami posisi berkendara atau riding position yang benar.

"Saya sendiri tubuhnya kan tidak tinggi, kaki saya tidak full sampai ke tanah. Makanya pintar-pintaran kita saja mengakalinya," ujar Tawnia kepada detikOto di Cianjur, Jawa Barat, belum lama ini.

Ratusan rider mengikuti balap motor trail Indonesia Enduro Rally Championship 2019 (IERC). Mereka menempuh jarak 450 kilometer dari Banyuwangi menuju Bromo.Tips naik motor trail untuk orang bertubuh pendek. Foto: Ardian Fanani

Tawnia menjelaskan, saat berhenti atau diam, upayakan hanya satu kaki yang turun, bukan dua. Sebab, jika keduanya turun, maka yang ada malah jinjit, alias tak menapak sempurna. Hal itu bisa mengganggu keseimbangan motor trail yang dikenal cukup berat.

"Kalau lagi berhenti, satu kaki saja yang turun. Kalau main teknikal, itu kaki juga main sendiri, enggak dua-duanya napak kan. Nah, tapi kita juga harus siap kanan-kiri," terangnya.

Selain itu, saat hendak naik motor, usahakan posisi gear berada di gigi satu, bukan netral. Setelah itu, naiklah ke motor saat kondisinya masih terstandar. Jika sudah di atas, hempaskan standar, lalu tarik tuas gas perlahan.

Tips naik motor trail untuk orang bertubuh pendek.Tips naik motor trail untuk orang bertubuh pendek. Foto: Yamaha

Tawnia juga menjelaskan, sebelum benar-benar berhenti, pengendara bertubuh pendek harus sudah tahu di mana kakinya akan berpijak. Misalnya, di bebatuan atau gundukan tanah yang permukaannya lebih tinggi.

Itulah mengapa, dia mengingatkan pentingnya menjaga jarak saat naik motor trail ramai-ramai. Sebab, jika salah satu rombongan mendadak berhenti di depan, mereka yang bertubuh pendek punya kesempatan untuk mencari pijakan.

"Pokoknya kaki kanan dan kiri harus tetap siaga, kita juga harus siap-siap untuk lompat (ketika motor hendak jatuh)," kata Tawnia.



Simak Video "Perkumpulan Para Penghobi Motor Trail Surabaya"
[Gambas:Video 20detik]
(sfn/dry)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT