ADVERTISEMENT

4 Jurus Menghindari Ban Motor Bocor Halus

Dina Rayanti - detikOto
Sabtu, 17 Sep 2022 16:08 WIB
Seorang tukang tambal ban di Ibu Kota punya cara unik nan menarik agar tetap dapat bekerja di tengah pandemi. Ia merombak bajaj menjadi tempat tambal ban.
Ilustrasi tambal ban Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Kondisi jalan memang tidak bisa diprediksi. Ada yang mulus namun beberapa jalan juga bergelombang dan berisi bebatuan. Bahkan tanpa disadari kadang ban motor mengalami bocor halus karena sering melintas di jalan berbatu.

Bocor halus memang tidak terdeteksi secara langsung. Setelah, beberapa hari baru deh terlihat kalau ban mengalami kebocoran dan harus ditambal. Namun demikian, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindari bocor halus pada motor seperti dijabarkan laman Wahana Honda berikut.

1. Perhatikan kondisi ban

Bocor halus umumnya terjadi karena kondisi ban yang sudah aus. Kalau sudah begini, benang atau serat baja bisa keluar dan justru menusuk ban bagian dalam. Untuk menghindarinya, kamu bisa memperhatikan kondisi ban. Bila terlihat sudah tipis, segera untuk menggantinya.

2. Bersihkan Ban dari Kerikil

Kerikil yang menyelip di sela-sela ban sebaiknya tidak diabaikan. Tanpa disadari ini bisa menyebabkan bocor halus. Ujung batu yang tajam bisa menusuk ke dalam ban dan ketika mendapat tekanan justru menembus ban. Kalau kamu melihat ada kerikil, sebaiknya dibersihkan ya.

Seorang tukang tambal ban di Ibu Kota punya cara unik nan menarik agar tetap dapat bekerja di tengah pandemi. Ia merombak bajaj menjadi tempat tambal ban.Seorang tukang tambal ban di Ibu Kota punya cara unik nan menarik agar tetap dapat bekerja di tengah pandemi. Ia merombak bajaj menjadi tempat tambal ban. Foto: Rifkianto Nugroho

3. Perhatikan Pentil Ban

Apabila kondisi ban masih bagus namun bocor halus, kamu bisa mengecek kondisi pentil ban. Kebocoran pentil ban ini terkadang tak kasat mata. kalau sudah bocor, kamu bisa menggantinya dengan pentil baru.

4. Velg Penyok

Sebisa mungkin hindari jalanan berlubang. Bila motor sering menghantam lubang, lama kelamaan akan berpengaruh terhadap velgnya. Jika terdapat retakan pada velg, maka memungkinkan ada celah yang membuat angin keluar. Untuk itu, sebelum melakukan perjalanan, perhatikan kondisi velg motor kamu.

Jika ban sudah terlanjur mengalami bocor halus ada bisa beberapa hal yang bisa dilakukan sebelum kondisinya makin parah. Pertama, kamu bisa menggunakan cairan anti bocor. Cairan ini bisa menutup lubang pada ban karena sobek halus. Tapi perlu dicatat, cairan ini lebih cocok digunakan pada ban jenis tubeless.

Bila masih memungkinkan untuk pergi ke bengkel, maka tambal ban yang mengalami bocor halus. Atau kalau sudah parah, maka harus mengganti dengan ban baru.



Simak Video "Coba Cek! Kondisi Ini Bisa Bikin Ban Bocor Halus"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/lth)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT