ADVERTISEMENT

Pencurian Motor Makin Marak, Begini Jurus Menghindarinya

Dina Rayanti - detikOto
Rabu, 10 Agu 2022 15:18 WIB
Terekam CCTV, Dua Pria Curi Motor di Pondok Aren Tak Sampai 3 Menit
Ilustrasi pencurian sepeda motor. Foto: screenshot video
Jakarta -

Jumlah sepeda motor di Indonesia semakin ke sini makin bertambah. Dalam catatan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, untuk di wilayah Jakarta saja ada 16.519.197 pengguna motor pada tahun 2021. Pastinya untuk tahun 2022 ada kenaikan yang signifikan, mengingat penjualan sepeda motor juga mengalami peningkatan.

Adanya peningkatan itu dikhawatirkan membuat angka pencurian motor merangkak. Untuk itu, Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya membagikan beberapa tips agar kamu lebih waspada dan terhindar dari pencurian motor.

View this post on Instagram

A post shared by Ditreskrimum Pmj (@ditreskrimum_pmj)

1. Parkir di Tempat Resmi

Sebisa mungkin hindari parkir motor di tempat yang tidak memiliki petugas resmi. Cari tahu dulu apakah tempat itu memang bisa digunakan untuk memarkir kendaraan. Kalau bisa cari juga tempat yang aman dan tidak melanggar aturan lalu lintas.

2. Cari Tempat Ramai

Hindari untuk memarkir motor di tempat yang sepi. Pastikan lahan tersebut memang tempat parkir dan ramai. Tidak lupa, pastikan juga ada penjaga yang senantiasa mengawasi keberadaan motor di parkiran.

3. Kunci Ganda Stang Motor

Tidak semua tempat parkir memberikan izin kepada pemotor untuk mengunci ganda. Pasalnya, bila dikunci ganda motor jadi sulit dipindahkan. Bila lahan parkir sempit, ini akan menyulitkan si petugas memindahkan motor. Tapi bila tempat parkirnya memungkinkan, kamu bisa menggunakan kunci ganda di stang motor.

Kalu bisa juga pasang rantai atau gembok cakram bila motor di parkir untuk waktu yang lama. Misalnya kamu hendak menginapkan motor, maka sebaiknya dikunci dengan rantai atau gembok cakram.

4. Pasang Alarm

Memasang alarm bisa menjadi alternatif selanjutnya. Dengan alarm, kamu bisa merasa lebih tenang karena pastinya akan berbunyi ketika ada pencurian. Kamu juga bisa memasang kunci rahasia yang memberikan penanda ketika motor dicuri.

5. Pasang GPS Tracker

GPS Tracker ini dapat membantu kamu melacak posisi motor. Di zaman sekarang, ada beberapa motor yang sudah dibekali dengan fitur serupa GPS tracker. Ini tentu memudahkan untuk mengetahui kondisi motor. Tapi kalau belum ada, kamu bisa memasang GPS tracker sebagai aksesoris keamanan motor.



Simak Video "Polisi Ringkus 14 Pelaku Curanmor di Cianjur, 4 di Antaranya Residivis"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/lth)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT