Ini Alasan Kenapa Motor Nggak Boleh Diparkir di Bawah Terik Matahari

ADVERTISEMENT

Ini Alasan Kenapa Motor Nggak Boleh Diparkir di Bawah Terik Matahari

Luthfi Anshori - detikOto
Kamis, 28 Jul 2022 10:06 WIB
tarif parkir sepeda motor di sunan ampel dikeluhkan
Ilustrasi parkir motor di ruangan terbuka tanpa atap. (Foto: Deny Prastyo Utomo)
Jakarta -

Merawat sepeda motor tidak hanya menjaga performa mesin dan komponen-komponennya, tapi juga menjaga bagian terluar atau bodinya. Motor yang selalu dirawat akan tampil dalam keadaan bersih dan mengkilap, sehingga nyaman dipandang mata dan nyaman saat dikendarai. Selain itu juga bisa menambah kepercayaan diri saat mengendarai motor di jalanan.

Dijelaskan Main Dealer Yamaha PT Thamrin Brothers dalam keterangan resminya, berikut tips perawatan bodi motor yang dapat dilakukan di rumah:

1. Parkir motor di tempat teduh

Biasakan untuk memarkirkan motor di tempat yang teduh seperti di bawah bangunan, di bawah pohon atau lain sebagainya, yang terpenting tidak terkena oleh sinar matahari secara langsung. Walau memang terlihat sepele, ternyata sinar ultraviolet yang dihasilkan matahari bisa merusak cat motor terlebih jika sebelumnya terkena sinar matahari lalu terkena air hujan. Memang tidak langsung terlihat dampaknya namun jika terlalu sering maka cepat atau lambat akan berefek ke bodi motor.

2. Cuci motor secara berkala

Saat musim penghujan tiba, cobalah untuk melakukan pencucian motor dengan berkala, karena demi menjaga penampilan dan kenyamanan saat membawa motor. Jika kamu orang yang sibuk, cobalah gunakan jasa cuci motor.

3. Gunakan shampo khusus cuci motor

Alangkah baiknya jika kamu menggunakan shampo khusus yang memang diperuntukkan buat cuci motor, sehingga kelembaban motor dan cat bisa tetap terjaga dengan baik dan benar, serta bisa terawat dengan optimal.

4. Hindari penggunaan stiker tidak berkualitas baik

Menggunakan dan memasang stiker pada sepeda motor bisa membuat motor tampil menjadi lebih keren. Akan tetapi, faktanya, penggunaan stiker justru kurang baik untuk cat motor itu sendiri. Mengapa demikian? Karena dengan penggunaan stiker tersebut, bisa menimbulkan bekas lapisan cat dan bisa ikut terkelupas juga. Sebaiknya, jika memang ingin menggunakannya, cobalah untuk membeli dan pasang stiker yang berkualitas.

5. Gunakan lap berbahan microfiber

Penggunaan lap micro fiber merupakan cara yang paling mudah dilakukan untuk merawat cat bodi motor. Cukup basahi kain tersebut menggunakan sedikit air dan menyapunya pada bodi motor secara menyeluruh, Hal ini bertujuan untuk membuang jamur yang ada di bodi motor terlebih saat motor terkena air hujan.



Simak Video "Biar Awet! Ini Cara Merawat Motor Matik di Rumah"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT