ADVERTISEMENT

Tips Mudah Lepas Stiker di Body Motor, Biar Nggak Merusak Cat

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Selasa, 05 Jul 2022 08:36 WIB
Biar nggak bosan, Otolovers bisa memodifikasi tampilan eksterior motor dengan mengganti warna bawaan pabrik. Pilihannya bisa dengan mengecat ulang (repaint) atau mengaplikasikan stiker (decal).
Ilustrasi stiker motor (Foto: Dok. Rey Decal)
Jakarta -

Stiker adalah salah satu aksesoris motor yang banyak digunakan, biasanya stiker sering ditempel di body motor. Namun, lem pada stiker yang menempel kuat sering membuat rusak cat saat dilepas.

Ternyata, untuk melepas stiker motor ada sejumlah tipsnya. Hal ini untuk agar stiker bisa terlepas serta meminimalisir cat motor yang ditempeli stiker tidak rusak. Soalnya, perlu biaya besar jika kamu harus mengecat bagian cat yang terkelupas.

Dilansir dari laman Suzuki Indonesia, berikut tips dan trik menghilangkan stiker di motor tanpa meninggalkan bekas lem:

1. Menggunakan Cairan Pembersih

Cara pertama adalah dengan menyemprotkan cairan pembersih ke area stiker dengan hati-hati. Supaya cairan ini tidak merusak bagian body lainnya, kamu perlu menyemprotkan pada bagian stiker saja.

Apabila cairan mengenai body lain, segera lap dengan kain hingga bersih. Kemudian tunggu beberapa saat sampai ujung stiker sedikit mengelupas.

Selanjutnya adalah memanaskan ujung stiker dengan hairdryer, panaskan sampai muncul reaksi stiker mengkerut. Kamu bisa melihat pada bagian ujung stiker yang mulai mengkerut dan mengangkatnya secara perlahan.

Jika stiker sudah terkelupas semua, nantinya akan terlihat bekas stiker di body motor. Kamu tidak boleh membersihkannya dengan benda tajam, untuk itu cara membersihkannya adalah dengan kain yang dibasahi air hangat dan gosokan secara lembut sampai bekas lem hilang.

Langkah terakhir adalah mengelap permukaan dengan bahan poles motor. Dengan begitu sisa lem akan terangkat dan tidak terlihat bekas stiker, hasilnya body motor akan lebih kinclong.

2. Menggunakan bensin

Langkah pertama bisa dilakukan dengan memasukan kain ke dalam bensin oktan tinggi. Setelah itu, usapkan pada permukaan stiker supaya lem stiker mulai berkurang, kemudian tarik ujung stiker perlahan-lahan sampai semua stiker terangkat.

Setelah stiker terangkat, kamu harus menggunakan kain yang tadi sudah terkena bensin untuk menghilangkan bekas. Gosok tanpa harus ditekan berlebihan sampai seluruh lem terangkat dan hilang.

Langkah terakhir, kamu bisa membersihkan permukaan body motor dengan kain kering yang bersih untuk menghilangkan semua sisa lem. Anda juga bisa memoles motor seperti trik yang pertama tadi.

Pastikan juga menggosok kain yang sudah terkena bensin dengan lebih cepat agar cat tidak mengelupas atau bahkan hilang. Proses yang lebih cepat akan mengurangi risiko pengelupasan cat pada body motor.

3. Pakai korek api

Selain kedua langkah di atas, kamu bisa melepas stiker yang menempel di body motor menggunakan korek api. Namun perlu hati-hati saat menggunakan cara ini.

Langkah pertama yakni membasahi stiker agar mudah untuk dilepas. Air hangat adalah bahan yang tepat dan tidak merusak body motor sehingga tidak masalah jika mengenai bagian di luar stiker.

Setelah itu, cari salah satu ujung stiker untuk ditarik, kemudian angkat bagian tersebut agar mengelupas perlahan. Saat mengelupas, Anda bisa sambil sedikit memanaskan permukaannya dengan korek api.

Panas dari api akan melemahkan lem pada stiker sehingga mudah untuk dikelupas. Cukup dengan panaskan ke kiri kanan permukaan stiker sambil terus diangkat. Jarak antara korek api dengan stiker juga tidak boleh terlalu dekat agar body motor tidak memiliki bekas luka bakar.

4. Minyak Kayu Putih

Jika masih tersisa bekas lem, kamu bisa menggunakan minyak kayu putih untuk membersihkannya. Caranya, cukup dengan menuangkan minyak pada kain lalu gosok pada bagian bekas lem hingga bersih.

Terakhir, kamu bisa memoles permukaan body motor dengan menggunakan compound hingga mengilap.



Simak Video "Biar Awet! Ini Cara Merawat Motor Matik di Rumah"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT