Cara Merawat Spidometer Digital Sepeda Motor Biar Nggak Gampang Rusak

ADVERTISEMENT

Cara Merawat Spidometer Digital Sepeda Motor Biar Nggak Gampang Rusak

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Sabtu, 04 Jun 2022 14:19 WIB
Yamaha All New R15M Connected-ABS
Speedometer digital pada motor bisa dengan cepat rusak. Berikut cara merawatnya. Foto: Muhammad Hafizh Gemilang
Jakarta -

Indikator kecepatan atau spidometer memiliki peran penting bagi sepeda motor. Walaupun fungsinya tidak berpengaruh langsung pada peningkatan performa mesin, namun sangat dibutuhkan bagi pengendara agar bisa mengetahui seberapa cepat mereka melaju di jalan.

Pada sepeda motor keluaran terbaru, kini sudah mulai mengusung spidometer berbasis digital. Tampilannya jauh lebih canggih dan modern, namun bukan berarti tidak akan mudah rusak.

Ada sejumlah hal yang menyebabkan speedometer sepeda motor cepat rusak. Paling sering terjadi karena motor diparkir di tempat yang langsung terpapar sinar matahari, akibatnya spidometer digital yang menggunakan LCD jadi lebih cepat rusak.

Namun jangan khawatir, ada sejumlah tips dalam merawat spidometer pada sepeda motor. Dilansir dari laman Astra Honda, berikut beberapa tipsnya.

1. Jangan Parkir di Bawah Sinar Matahari

Tips pertama yang harus kamu lakukan adalah jangan terlalu sering parkir motor di tempat terbuka yang langsung terpapar sinar matahari. Jika hal ini masih sering kamu lakukan, bisa saja Filter Polarizer-nya akan rusak, awalnya buram, lalu lama kelamaan bakal redup dan blank. Apabila filter Polarizer ini sudah rusak maka salah satu caranya harus diganti dengan yang baru.

2. Lapis Spidometer dengan Kaca Film

Apabila spidometer kamu setiap hari harus diparkir di bawah sinar matahari yang terik, sebaiknya panel speedometer digital dilapisi lagi dengan kaca Film seperti yang biasa dipasang pada kaca mobil. Usahakan pilih kaca Film yang memiliki kegelapan 20-30 persen saja, agar kamu masih bisa melihat indikator speedometer dengan jelas saat berkendara di jalan.

3. Merawat Aki Sepeda Motor

Cara terakhir dalam menjaga fungsi spidometer sepeda motor adalah dengan selalu merawat dan mengecek aki sepeda motor, apakah masih bagus atau sudah wajib diganti dengan yang baru. Hal ini berarti pemilik sepeda motor juga wajib mengecek arus listrik di sepeda motor, apakah masih dalam kondisi normal atau mulai menunjukkan gejala kerusakan.

Tentu, aki yang sudah habis akan berpengaruh terhadap beberapa fitur di sepeda motor, termasuk spidometer. Beberapa kejadian menyebabkan sejumlah tombol di spidometer digital tidak bisa digunakan atau malah rusak. Alhasil, jika dibiarkan dalam waktu yang lama dikhawatirkan kerusakan malah merembet ke komponen lain di sepeda motor.



Simak Video "Biar Awet! Ini Cara Merawat Motor Matik di Rumah"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT