Dear Bikers, Ini Lho 3 Manfaat Sarung Tangan yang Jarang Diketahui

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Selasa, 11 Jan 2022 11:41 WIB
Masker dan sarung tangan kini jadi hal yang wajib untuk dikenakan guna cegah Corona. Hal itu dimanfaatkan pedagang asongan di Bandung untuk jual sarung tangan.
Tiga manfaat sarung tangan motor. Foto: Wisma Putra
Jakarta -

Sarung tangan motor merupakan salah satu barang yang kini mulai banyak dipakai oleh pengendara roda dua. Ternyata selain mencegah kulit menjadi hitam karena terpapar sinar matahari, ada manfaat lain dari menggunakan sarung tangan.

Saat ini sarung tangan khusus sepeda motor sudah banyak dijual di sejumlah toko. Harganya pun beragam tergantung dari kualitasnya.

Sejumlah bikers membeli sarung tangan dengan alasan agar kulit di tangan tidak cepat hitam. Padahal ada sejumlah faktor penting dari sisi keselamatan.
Dikutip dari laman Suzuki, berikut ini sejumlah manfaat dan fungsi menggunakan sarung tangan motor.

1. Perlindungan dan Proteksi

Sarung tangan dapat memberikan perlindungan dan proteksi tambahan ketika berkendara di cuaca panas ataupun dingin. Saat kamu tidak menggunakan sarung tangan, maka tangan dapat terpapar panas atau dingin secara langsung, hal ini bisa mengalihkan konsentrasi ketika berkendara.

Selain itu, sarung tangan juga dapat melindungi pengendara dari benturan atau gesekan yang mungkin dapat terjadi sepanjang perjalanan. Semisal, gesekan yang terjadi antara setang motor dan kulit bisa mengakibatkan lecet terutama saat berkeringat.

2. Menambah Daya Cengkram

Selain bermanfaat sebagai perlindungan, sarung tangan juga punya andil dalam mendukung pencengkraman. Sejumlah sarung tangan yang dijual telah dilengkapi dengan karet, hal ini akan membantu pengendara untuk lebih mudah mencengkram tuas gas motor.

Walau cuaca sedang panas, basah, hingga lembab, sarung tangan dapat membantu kamu untuk mendapat cengkeram dengan baik. Semakin baik cengkeraman ketika berkendara, maka tarikan motor akan terasa lebih nyaman.

3. Menjaga Suhu Tangan

Ketika mengendarai sepeda motor, kedua tangan aktif memegang setang motor. Nah, dalam kondisi cuaca panas hingga hujan dapat mempengaruhi suhu tangan, maka dari itu ada baiknya menggunakan sarung tangan.

Sebagai contoh, saat kamu tengah mengendarai motor dalam kondisi hujan, sarung tangan berfungsi untuk memberikan kehangatan. Selain itu, sarung tangan juga dapat membantu menghindari hipotermia.

Hal yang sama juga terjadi ketika berkendara di musim panas. Terik matahari yang menyengat bisa membuat kulit tangan terasa panas dan tidak nyaman. Dengan menggunakan sarung tangan, hal ini bisa meminimalisir panas tersebut dan menghindari kulit tangan menjadi hitam.



Simak Video "Tips Mudah Hilangkan Bau Tak Sedap di Dalam Mobil"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)