Awas Kepleset, Ini 4 Cara Ngerem Motor yang Aman saat Hujan

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Minggu, 05 Des 2021 11:41 WIB
Sejumlah wilayah di Jakarta tergenang air hujan, salah satunya Jalan Lingkar Luar Barat, Cengkareng. Tak sedikit pemotor nekat terobos genangan di wilayah itu.
Hati-hati kepleset, ini teknik ngerem yang benar. Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Ketika masuk musim hujan, pengendara sepeda motor harus ekstra hati-hati karena kondisi jalan yang licin. Selain itu, kamu juga harus memperhatikan teknik pengereman yang aman selama berkendara.

Soalnya, jika kamu salah melakukan teknik pengereman yang benar bisa memperbesar risiko kecelakaan. Salah satu yang cukup sering ditemui adalah ban selip dan menyebabkan pengendara terjatuh.

Maka dari itu, teknik pengereman di saat jalanan basah dan kering tentu ada perbedaan. Hal ini penting untuk dipahami demi memberikan kenyamanan dan keselamatan selama berkendara.

Dikutip dari laman Astra Honda, berikut ini sejumlah tips dalam teknik pengereman yang baik saat di musim hujan.

1. Menggunakan Empat Jari

Dengan menggunakan empat jari hal ini bisa membantu mengurangi kecepatan sepeda motor lebih maksimal. Namun perlu diingat, usahakan menarik tuas rem depan dan belakang, tapi hindari juga mengerem secara keras atau mendadak karena bisa menyebabkan ban selip.

2. Tutup Gas

Satu hal yang juga tak kalah penting, sebelum mengerem pastikan kamu telah mengurangi kecepatan sepeda motor dengan menutup tuas gas, terutama bagi kamu pengendara motor matic. Soalnya, motor matic tidak memiliki engine brake seperti motor manual.

Apabila saat melakukan pengereman namun putaran mesin masih tinggi, maka proses deselerasi tidak berlangsung secara optimal.

3. Pegang Setang Motor dengan Kuat dan Erat

Saat berkendara motor di musim hujan, usahakan tangan kamu memegang kuat setang motor. Cara ini dilakukan untuk menjaga stabilitas motor saat di jalan dan menghindari jika tiba-tiba ban motor selip.

4. Jangan Gunakan Satu Rem Saja

Saat musim hujan, sebisa mungkin untuk menggunakan rem depan dan rem belakang. Soalnya, jika kamu menggunakan satu rem, semisal rem belakang saja, hal ini dapat membuat ban belakang terjadi selip dan kamu bisa tergelincir.

Terlebih jika kamu ingin melewati tikungan, usahakan untuk menarik tuas rem secara perlahan dan mengurangi kecepatan sebelum memasuki tikungan. Hindari pengereman mendadak apalagi ketika sudah berada di tikungan, risikonya sangat besar untuk kamu terjatuh.

Selain itu, pastikan juga peranti rem motor kamu bekerja dengan baik dan cek juga kondisi ban apakah masih bagus atau sudah botak. Jika kedua komponen di atas sudah menunjukan adanya kerusakan, sebaiknya kamu segera mengganti dengan yang baru di bengkel resmi terdekat.



Simak Video "Tenaga Motor Loyo dan BBM Boros? Cek 4 Hal Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/rgr)