6 Cara Merawat Ban Motor Supaya Awet

Luthfi Anshori - detikOto
Kamis, 23 Sep 2021 18:54 WIB
Gajah Tunggal kembali memperkenalkan produk pertama ban bias performa tinggi dengan Speed Rating “H” yang dapat dipacu hingga kecepatan maksimum 210 km/jam.
Ilustrasi ban motor. (dok. IRC)
Jakarta -

Ban merupakan salah satu komponen penting pada sepeda motor karena part ini langsung bersentuhan dengan permukaan jalanan. Maka itu, ban motor perlu diperhatikan perawatannya untuk menjaga fungsinya bekerja dengan baik saat berkendara.

Berbagai fungsi ban motor antara lain, menahan beban motor, penumpang dan pengendara, memindahkan putaran menjadi gerakan maju, dan memiliki kemampuan menghentikan kendaraan, serta kemampuan meredam getaran ketika kendaraan menerima momen saat berjalan, termasuk kemampuan menjaga dan merubah arah kendaraan.

"Pentingnya merawat ban turut mendukung kenyamanan pemakaian sepeda motor dalam beraktivitas. Ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan dalam perawatannya, untuk itu kami memberikan sejumlah tips bagi pengguna sepeda motor," ungkap Muslian, Manager Service Main Dealer Yamaha PT Thamrin Brothers, dalam keterangan resminya, Kamis (23/9/2021).

Berikut tips perawatan ban sepeda motor:

1. Menjaga Tekanan Udara

Tekanan udara harus diperiksa sesuai dengan tipe motor, karena semakin tinggi cc motor semakin besar pula bobot/berat dari motor tersebut. Tekanan udara setiap tipe motor dapat dilihat di buku manual service.

2. Memeriksa Permukaan Ban

Cek permukaan ban jika terdapat kerikil atau benda tajam yang menyangkut di ban, agar terhindar dari kebocoran ban.

3. Menghindari Permukaan Jalan yang Tidak Rata

Usahakan untuk menghindari jalan yang tidak rata agar terhindar dari kebocoran ban.

4. Over Kapasitas

Usahakan beban tidak melebihi standar kapasitas motor tersebut. Karena ban akan cepat rusak jika beban terlalu berat.

5. Pengereman

Disarankan saat melakukan pengereman tidak terlalu dekat dengan titik pemberhentian/stop, karena jika terlalu dekat akan mengakibatkan ban motor terjadi selip.

6. Menggunakan Nitrogen

Karena tekanan yang ada di nitrogen lebih stabil dan tidak terlalu cepat memuai jika dibandingkan dengan angin biasa, maka pastikan selalu utamakan menggunakan nitrogen ketimbang angin biasa.

(lua/din)