Galau Pilih Helm Full Face atau Half Face? Ini Tipsnya

Luthfi Anshori - detikOto
Sabtu, 07 Agu 2021 17:39 WIB
Modifikasi Airbrush helm
Ilustrasi Helm Full Face Foto: Istimewa/RJ Paintwork
Jakarta -

Helm merupakan perlengkapan safety utama yang harus dikenakan bikers setiap kali berkendara. Selain untuk melindungi kepala, helm berfungsi untuk melindungi mata dari terpaan angin. Nah, masalahnya kadang masih ada bikers yang bingung memilih antara helm full face atau helm half face. Lalu gimana solusinya?

Pertama-tama kita harus tahu dahulu perbedaan kedua jenis helm tersebut. Seperti dikutip dari laman Suzuki, helm full face dan half face memiliki keunggulan masing-masing.

1. Helm Half Face

Sejumlah pemudik bermotor terlintas melintasi Jalan Kalimalang Raya, Cibitung, Kabupaten Bekasi, Minggu (16/5). Banyak yang membawa anak namun tidak dilengkapi helm.Ilustrasi helm yang digunakan sejumlah pemudik bermotor terlintas melintasi Jalan Kalimalang Raya, Cibitung, Kabupaten Bekasi, Minggu (16/5). Banyak yang membawa anak namun tidak dilengkapi helm. Foto: Rengga Sencaya

Sesuai namanya, helm half face adalah jenis helm yang memiliki perlindungan kokoh di bagian kepala, sementara area muka hanya menggunakan kaca plastik, jadi wajah pengendara masih terlihat.

Helm half face lebih mudah dipakai dan dilepaskan, sehingga cocok digunakan untuk keperluan sehari-hari, seperti belanja ke minimarket, berangkat kerja, main ke rumah teman atau sanak keluarga, menangantarkan anak ke sekolah dan aktivitas ringan lainnya.

Mengingat hanya menutup sebagian wajah saja, helm half face pun baik digunakan saat cuaca sedang baik, dan kebutuhan riding dalam kota saja. Sementara untuk riding berat atau kondisi lainnya, Anda lebih disarankan menggunakan helm full face.

2. Helm Full Face

Helm bercorak sapi milik Valentino Rossi di MotoGP Italia 2021Helm bercorak sapi milik Valentino Rossi di MotoGP Italia 2021 Foto: MotoGP

Seperti disinggung di atas, helm full face baik digunakan untuk riding berat, seperti touring atau melakukan perjalanan jarak jauh (antar kota), berkendara di tengah cuaca buruk (angin kencang, badai dan hujan), hingga untuk kebut-kebutan di arena sirkuit.

Sesuai namanya, helm full face merupakan jenis helm yang memiliki perlindungan full, termasuk kepala dan wajah. Bahkan saat dikenakan, orang-orang mungkin tidak akan mengenali Anda. Makanya, demi mencegah kecurigaan, helm full face dilarang dipakai saat masuk ATM atau ketika berbelanja.

Selain untuk berkendara berat, helm full face pun kerap digunakan untuk balapan atau berkendara dalam kecepatan tinggi. Hal ini disebabkan karena helm ini cukup bisa diandalkan untuk melindungi wajah dari terpaan angin.

3. Apakah harus memiliki keduanya?

Sejumlah pemudik bermotor terlintas melintasi Jalan Kalimalang Raya, Cibitung, Kabupaten Bekasi, Minggu (16/5). Banyak yang membawa anak namun tidak dilengkapi helm.Sejumlah pemudik bermotor terlintas melintasi Jalan Kalimalang Raya, Cibitung, Kabupaten Bekasi, Minggu (16/5). Banyak yang membawa anak namun tidak dilengkapi helm. Foto: Rengga Sencaya

Sesuaikan saja dengan kebutuhan. Jika kamu terbiasa menggunakan motor untuk aktivitas harian, bisa memilih helm half face. Begitupun sebaliknya, jika terbiasa menggunakan motor untuk perjalanan jarak jauh, Anda bisa memilih helm full face.

Tapi jika biasa menggunakan kemanapun Anda pergi, baik perjalanan jarak pendek ataupun jarak jauh, sebaiknya miliki kedua jenis helm ini. Intinya, sesuaikan dengan kebutuhan.



Simak Video "Berapa Menit Sebaiknya Kendaraan Dipanaskan Saat Lama Tak Digunakan?"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/lth)