Tips Mudah Merawat Busi Motor

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Selasa, 01 Jun 2021 12:13 WIB
Denso
Busi. Foto: Istimewa/detikOto
Jakarta -

Merawat dan membersihkan sepeda motor tentunya hal yang wajib bagi setiap pemiliknya. Jangan sampai ada komponen yang rusak karena tidak terawat dengan baik, salah satu yang perlu diperhatikan adalah busi.

Peranti yang satu ini punya peran penting agar sepeda motor bisa berjalan dengan baik. Fungsi busi pada motor yaitu untuk memberikan bunga api sebagai pembakaran dalam mesin.

Maka dari itu, jika Anda tidak merawat busi dengan baik bukan tak mungkin motor jadi tidak nyaman digunakan. Dikutip dari laman Federal Oil, ada sejumlah tips mudah dalam merawat busi sepeda motor dengan benar.

1. Mengecek Ketebalan Kerak di Kepala Busi

Langkah pertama dalam melakukan perawatan busi motor adalah dengan mengecek bagian kerak yang terletak di kepala busi. Kerak ini dapat dijadikan indikasi apakah busi motor masih layak digunakan atau perlu diganti.

Apabila kerak pada bagian kepala busi mulai banyak, tentu saja kemampuan dari busi motor tidak optimal dan tegangan yang dihasilkan koil jadi berkurang. Untuk itu Anda perlu mengecek ketebalan kerak di kepala busi secara rutin.

2. Jangan Membersihkan Kepala Busi dengan Amplas

Ketika sudah di cek ketebalan kerak yang ada di kepala busi, langkah selanjutnya adalah untuk dibersihkan secara perlahan. Tetapi jangan sampai salah cara membersihkan keraknya ya, bisa jadi busi malah menjadi rusak.

Salah satunya hindari dengan penggunaan amplas, karena amplas punya sifat abrasif yang sama dengan material dari kepala busi. Jika keduanya bertemu dan saling bergesekan, hal ini bisa membuat kepala busi jadi terkikis.

3. Mengecek Kerapatan Kepala Busi

Langkah terakhir dalam merawat busi adalah dengan melakukan pengecekan kerapatan kepala busi motor. Sebaiknya Anda bisa melakukan pengecekan ini di saat melakukan pergantian oli mesin.

Busi motor perlahan juga bisa rusak karena kinerja yang maksimal dari mesin sepanjang jangkauannya. Maka dari itu, busi memiliki rentang waktu pemakaian dan perlu diganti dengan yang baru.

Jika busi sudah dicek dan masih ditemukan sejumlah kerusakan, maka ada baiknya Anda mengganti busi motor dengan yang baru. Usahakan membeli di toko resmi untuk menjamin keasliannya serta lebih tahan lama.



Simak Video "Permainan dari Busi Bekas, Pamekasan"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)