Pakai Balaclava Bukan Sekadar Gaya-gayaan, Ini Manfaat Besarnya

Ridwan Arifin - detikOto
Jumat, 23 Apr 2021 13:25 WIB
Intercom, Alat Komunikasi Antar-pemotor. Penting untuk touring bersama rider lain.
Ilustrasi Balaclava Foto: Luthfi Anshori
Jakarta -

Balaclava merupakan perlengkapan berkendara yang digunakan bikers sebelum memakai helm. Fungsinya tidak sekadar gaya-gayaan, penutup kepala dan mulut tersebut bisa mengurangi hirupan polusi dan debu.

Selain itu, dijelaskan Brand Technical DeRide Official Store, Irwansyah bahwa penggunaan balaclava juga bisa mereduksi keringat yang menempel pada bagian interior helm seperti cheek pad, crown pad, chin curtain, dan neck rool.

"Yang penting kalau kita mau menghindari helm untuk nggak terlalu kotor pasti pakai balaclava ya," ujar Irwansyah kepada detikcom di Kemayoran, Jakarta Pusat.

Dengan menggunakan balaclava, helm pun tak mudah bau keringat, lantaran kepala dilapisi balaclava, sehingga tak bersentuhan langsung dengan interior helm. Walhasil, interval pencucian helm menjadi lebih panjang. Pun perawatan juga lebih mudah.

"Jadi kita tidak perlu mencuci busanya, tinggal mencuci balaclava-nya saja," ungkap dia.

Lebih lanjut, sebaiknya memilih balaclava berbahan dry fit yang mampu menyerap keringat.

Pilih helm yang mudah dilakukan perawatan

Irwansyah mengatakan pemilihan helm juga penting jika bicara perawatan. Helm lebih sukar dibersihkan jika interiornya belum bisa knockdown atau dicopot.

"Cuma untuk perawatan yang harus diperhatikan, beli helm murah kadang-kadang kan banyak masih belum knockdown, jadi busanya tidak bisa dilepas. Itu perawatannya agak susah memang, harus dicuci bareng-bareng helmnya."

"Sementara kalau kita nyuci kalau tidak pakai sabun, jadinya kayak kurang bersih ya, tapi kalau kita pakai sabun kadang saat bilas kurang bersih," ungkap Irwansyah.

Pria yang biasa melakukan treatment helm ini mengatakan sebaiknya menggunakan sabun yang Ph nya netral seperti sabun bayi misalnya.

"Sementara deterjen itu ada sifat panasnya, jadi merusak EPS Shell di dalamnya," sambung dia.



Simak Video "Helm Marquez Bersaudara Dijajakan di IIMS 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)