Biar Puasanya Lancar, Ini Cara Kontrol Emosi Saat Berkendara

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Selasa, 13 Apr 2021 11:46 WIB
Antrean panjang kendaraan terlihat di kawasan Pasar Minggu, Jakarta, saat sore hari. Kemacetan itu terjadi di tengah penerapan PSBB ketat di Ibu Kota.
Kontrol emosi saat berkendara ketika berpuasa. Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Ibadah puasa tidak hanya menahan lapar dan haus, puasa juga harus menahan diri agar tidak mudah emosi. Mungkin orang yang berpuasa akan lebih emosian saat berkendara. Nah, biar ibadah puasanya lancar, pengendara disarankan untuk bisa mengontrol emosi.

Director Training Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Sumana, memberikan tips agar emosi pengendara tetap terjaga ketika berpuasa. Setidaknya ada lima hal yang perlu diperhatikan.

"Berbagi/toleransi. Di jalan raya ini kan tingkat ego serta kepentingan masing-masing pengendara berbeda-beda, jadi lebih baik memberi ruang daripada berkonflik," kata Sony kepada detikcom, Selasa (13/4/2021).

Cara kedua adalah tetap sopan. Pengendara yang tengah berpuasa diminta untuk selalu berpikiran positif terhadap orang lain. Sehingga dalam bertindak mengedepankan kesopanan, jika begitu orang lain akan melakukan hal yang sama.

"Ketiga bertanggung jawab. Setiap ada hal-hal yang langsung maupun tidak langsung menyusahkan/menghambat/merugikan orang lain, pastikan tanggung jawab adalah bagian dari dirinya," sambung Sony.

Yang tak kalah penting adalah berlaku tenang jika berkendara saat puasa. Sony menyarankan ketika sedang berpuasa pengendara tidak ngebut atau terburu-buru. Hal itu agar kontrol terhadap diri lebih terjaga.

"Jaga kecepatan dan jarak, untuk menghindari konflik dan potensi adanya kecelakaan," ucapnya.

Sony mengatakan, saat berpuasa pasti membuat berkendara lebih berat. Kurangnya asupan energi membuat fokus pengendara menurun dan reaksi melambat.

"Untuk itu hindari mengemudi apabila tidak diperlukan, cari waktu yang lebih ideal misalnya pagi dan menjelang sore," kata Sony.

Kata dia, saat cuaca terik paparan matahari membuat pengendara mengalami dehidrasi. Untuk itu, Sony menyarankan agar aktivitas berkendara dikurangi.

"Harus dibatasi durasi berkendaranya dan perlu istirahat secara berkala," katanya.

Tak cuma itu, jika ingin berkendara saat berpuasa, pastikan cukup istirahat dan pastikan pula kondisi badan sedang fit.



Simak Video "Cara Donny Alamsyah Ajarkan Puasa ke Buah Hati"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)