Klakson Motor Rusak, Ini Penyebab dan Cara Perbaiki Tanpa Harus ke Bengkel

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Rabu, 17 Mar 2021 20:06 WIB
Klakson variasi sepeda motor
Ilustrasi klason motor (CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
Jakarta -

Klakson merupakan salah satu fitur penting dalam berkendara, yang berfungsi sebagai tanda peringatan terhadap pengguna jalan yang lain. Saat klakson tidak berfungsi, Anda harus berhati-hati saat berkendara.

Meski dianggap sepele oleh sebagian pengendara, klakson memiliki fungsi yang cukup krusial. Sebagai contoh saat sedang memacu motor di jalan raya, lalu di depan terlihat sebuah motor yang memotong jalan secara tiba-tiba, tentu sebagai pengendara Anda akan membunyikan klakson untuk memberikan peringatan.

Apa jadinya jika klakson mati? Pengendara yang memotong jalan tidak mengetahui keberadaan Anda di belakang dan bisa menimbulkan kecelakaan. Jika klakson tak berfungsi, Anda bisa melakukan pengecekan sendiri sebelum memutuskan pergi ke bengkel. Demikian dikutip dari Astra Motor.

Berikut cara memperbaiki klakson motor yang mati:

1. Ganti Aki yang Sudah Habis

2. Bersihkan Saklar Klakson Motor

3. Kencangkan Baut Pengatur Klakson

4. Sambungkan Kabel yang Putus

5. Kembalikan Baut Platina ke Tempat Semula

Penjelasan masing-masing poin tersebut bisa disimak di bawah ini:

1. Ganti Aki yang Sudah Habis

Cara pertama yang harus Anda ingat adalah mengecek aki motor ketika klakson mati dan tak berfungsi. Karena klakson merupakan salah satu bagian kelistrikan dalam motor, klakson akan sangat terpengaruh dengan kondisi aki.

Anda harus tahu seperti apa tanda aki yang perlu diganti. Jika memang aki motor Anda sudah habis, segera ganti dengan yang baru agar klakson motor kembali berfungsi.

2. Bersihkan Saklar Klakson Motor

Penyebab lain klakson mati atau tidak mau berbunyi adalah adanya karat di saklar klakson motor. Anda bisa membersihkan karat yang terdapat di saklar klakson dengan menggunakan cairan pembersih karat untuk rantai motor.

Karat pada saklar klakson motor ternyata dapat membuat klakson motor mengeluarkan suara kecil, hingga lama kelamaan menjadi mati.

3. Kencangkan Baut Pengatur Klakson

Suara klakson motor yang semakin kecil atau tiba-tiba hilang mungkin bisa disebabkan karena baut pengatur klakson motor sudah kendor. Untuk mengatasinya cukup mudah, Anda bisa mengencangkan baut yang ada di klakson motor. Dengan demikian, klakson motor bisa menyala lagi.

4. Sambungkan Kabel yang Putus

Apabila klakson masih belum berfungsi, bisa jadi sebabnya karena kabel klakson terputus. Anda bisa mencoba memeriksa terlebih dahulu komponen kabel klakson motor. Biasanya, kabel klakson motor terbagi menjadi dua jenis, yaitu kabel masa dan kabel listrik.

Jika salah satu kabel ini putus, Anda bisa menyambungkan kembali agar klakson motor dapat kembali berfungsi dengan normal.

5. Kembalikan Baut Platina ke Tempat Semula

Cara terakhir, Anda bisa mencoba cek baut platina yang ada di dalam motor. Baut ini biasanya berada di belakang klakson motor Anda. Apabila baut platina ini sudah tidak berada pada tempat yang seharusnya, sangat wajar klakson tidak mau berfungsi.

Prosesnya cukup mudah, Anda bisa membongkar terlebih dahulu dan mengembalikan posisi baut platina ini kembali seperti semula. Jika merasa ragu dan tidak yakin untuk membongkar dan memasang kembali rakitan motor, Anda bisa membawanya ke bengkel resmi terdekat agar ditangani oleh ahlinya.



Simak Video "Dengan Cara Ini, Polisi Mumbai Bikin Kapok Orang yang Hobi Klakson"
[Gambas:Video 20detik]
(din/riar)