Beda Perawatan Motor Penggerak Gardan, Lebih Sulit dari Rantai?

Ridwan Arifin - detikOto
Rabu, 24 Feb 2021 19:15 WIB
Test ride Moto Guzzi V85TT
Moto Guzzi V85TT menggunakan penggerak gardan, bagaimana perawatannya? Foto: Piaggio Indonesia
Jakarta -

Sistem penggerak motor harian umumnya menggunakan rantai dan belt. Nah, untuk tipe shaft atau gardan biasa digunakan pada motor gede, seperti motor lansiran Italia Moto Guzzi.

Shaft biasa digunakan pada motor berkubikasi besar. Lalu, apa sih keuntungannya?

Dijelaskan Technical Training PT Piaggio Indonesia Yudi Riswanto menyebut sistem ini tidak memerlukan perawatan yang intensif. Apalagi pemilik moge juga umumnya tidak menggunakan motor tersebut sebagai kendaraan harian.

"Dari sisi perawatan sangat low maintenance, ganti olinya secara teknis per 30 ribu kilometer baru ganti," ujar Yudi di Jakarta Selatan, Rabu (24/2/2021).

"Tenaganya lebih spontan, tidak usah memikirkan lagi nyetel rantai. Rantai memang sepertinya lebih enteng bobotnya, sehabis dipakai geber-geber juga mesti dicek (tegangannya). Salah satu tujuannya adalah low maintanance," sambung Yudi.

Selain itu, pemilik motor juga tidak perlu khawatir akan kotoran yang bisa menimbulkan selip pada motor. Ia juga mengatakan bahwa penggerak gardan tidak seperti rantai yang mudah putus maupun longgar.

Keuntungan yang lain adalah minim kebisingan, sebab penggerak ini berada di sebuah wadah yang tertutup, maka kebisingan yang dihasilkan lebih kecil dibanding rantai.

Namun untuk tipe gardan, pemilik motor harus mewanti-wanti agar motornya tidak terendam air, pun gaya menyucinya.

"Cepat rusak tidak pak? enggak, kecuali habis terendam."

"Khusus di racer sempat kemasukan air, tetapi karena gaya cucinya, karena di racer itu ada yang namanya breathing valve. Ini bisa kemasukan air kalau nyemprotnya niat banget bersihkannya,"

"Kadang-kadang suka terlihat ada bekas jelaga oli, karena memang itu tempat nafasnya oli. Disemprot (cuci), konsumen setelah beberapa tahun ganti oli (gardan), kok jadi susu (warna oli gardan), berisik nih. Ternyata dia cuci pakai steam, breathing valve mengkilap banget, artinya dibersihkan banget. Tapi ini (kejadian) langka," kata Yudi.



Simak Video "Asyik! Ada Pemutihan-Diskon Pajak Kendaraan Bermotor di Jabar"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)