Cara Memilih Helm yang Tepat, Cek di Sini Biar Gak Tersesat

M Luthfi Andika - detikOto
Senin, 22 Feb 2021 19:07 WIB
Kemacetan kendaraan terlihat di sejumlah ruas jalan Ibu Kota. Kemacetan tersebut terlihat di hari terakhir penerapan PPKM di Jakarta.
Ilustrasi pemotor menggunakan helm Foto: Rifkianto Nugroho/detik.com
Jakarta -

Bagi detikers yang berkendara mengendarai motor untuk beraktivitas, pemilihan helm yang tepat wajib hukumnya. Soalnya menggunakan helm yang tepat bisa menambah kenyamanan yang berujung pada keselamatan berkendara. Nah sayangnya, masih banyak pengendara motor yang asal memilih helm tanpa memikirkan kenyamanan dan mengutamakan gaya.

Kali ini Executive Director RSV Helmet Indonesia, Richard Ryan memberikan tips bagaimana memilih helm yang tepat agar lebih nyaman saat berkendara.

"Hal paling utama dalam memilih helm adalah melihat dulu dari penggunaannya mau dipakai untuk apa, apa dipakai untuk sehari-hari, touring atau balap. Setelah itu cari helm yang sesuai dengan yang dibutuhkan. Kedua, mengenai sizing atau ukuran, size pada helm menjadi faktor yang sangat penting juga, usahakan memilih helm yg fit-in dengan kepala, tidak terlalu longgar, tidak juga terlalu sempit," kata Richard.

Hal selanjutnya yang tidak kalah penting ialah Removable padding alias memilih helm yang bisa dilepas busanya.

"Ketiga Removable padding, pastikan helm memiliki feature ini, dikarenakan untuk higienitas helmnya, apabila tidak bisa dilepas seluruh paddingnya, tidak akan bisa dibersihkan secara menyeluruh, mengakibatkan timbul kuman dan bakteri. Kenyamanan saat berkendara khusus nya pada kepala sangat penting untuk menjaga keselamatan saat berkendara," ujar Richard.

"Keempat, pilihlah helm yang sudah berlabel SNI. Terakhir, pastikan Visor pada helm benar benar clear dan tidak membuat pusing saat digunakan," Richard menambahkan.

Helm RSV SV500Helm RSV SV500 Foto: dok. RSV Helmet

Dalam kesempatan yang Richard mengatakan saat ini helmet RSV sudah memiliki varian terbaru yang disebut RSV SV500. Meski buatan lokal, RSV SV500 yang hadir dengan tiga motif ini telah memiliki tiga sertifikasi, yakni Standar Nasional Indonesia (SNI), Department Of Transportation (DOT) dan Economic Commision for Europe (ECE).

"Kami yakin RSV SV 500 ini akan menjadi pilihan lain bagi customer RSV atau pengguna motor pada umumnya untuk dapat menggunakan helm sesuai dengan kebutuhannya masing-masing," ungkap Richard Ryan.

Secara spesifikasi, RSV SV500 dikatakan telah dilengkapi varian sebelumnya ini sendiri terbuat dari material ABS murni 100% yang berbobot kurang lebih 1,58 kg dan menawarkan Flat visor bermaterial polycarbonate anti scratch, chin strap berjenis DD-Ring, Chin Curtain dan busa berbahan nyaman untuk kepala serta dapat mudah dilepas (Removable padding).

Helm RSV SV500Helm RSV SV500 Foto: dok. RSV Helmet

Menariknya untuk varian terbaru dari RSV Helmet ini turut dilengkapi dengan Emergency quick release system dan juga kenyamanan tambahan berupa double visor, sedangkan visor dalam berjenis gelap (daksmoke).

RSV SV500 resmi dijual dengan harga Rp. 950 ribu dengan ditawarkan berbagai ukuran helm, yakni MD/M 57 - 58, LG/L 59 - 60, XL 61 - 62 dan XXL 63 - 64. Para calon pembeli/bikers sudah bisa didapatkan di jaringan Store RSV Helmet yang berlokasi di Flagship Store Kebon Jeruk Jakarta, Kalimalang (KTM Kalimalang), Depok, Buah Batu Bandung dan Cikutra Bandung.

Helm RSV SV500Helm RSV SV500 Foto: dok. RSV Helmet


Simak Video "Hii, Ada Helm Gerak Sendiri di Kantor Dishub Probolinggo"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)