Curah Hujan Tinggi, Ini Cara Aman Kendarai Motor Agar Terhindar Flu

Ilham Satria - detikOto
Sabtu, 20 Feb 2021 09:07 WIB
Tips hujan untuk pemotor
Ilustrasi menggunakan jas hujan saat musim hujan Foto: Astra Motor
Jakarta -

Cuaca yang tak menentu dan curah hujan tinggi saat ini membuat kita sebagai pengendara harus lebih waspada saat berkendara, terutama pengendara sepeda motor. Soalnya selain kondisi motor yang harus terus fit, menjaga kondisi kesehatan juga wajib hukumnya, karena sering kali saat berkendara menggunakan sepeda motor kita mengalami masuk angin yang berujung flu.

Walaupun banyak pengendara menganggap remeh masuk angin, tapi jangan salah hal tersebut dapat berpengaruh saat berkendara di jalan. Kemungkinan terburuknya bisa jadi tidak konsentrasi dan timbul resiko kecelakaan.

Dengan begitu, sebagai pengendara kita harus menjaga kondisi kesehatan tetap prima. Terlebih jika Anda melakukan perjalanan sehari-hari menggunakan sepeda motor. Berikut adalah beberapa tips dalam menjaga kondisi fisik yang baik selama berkendara, yang berhasil dikutip detikOto dari berbagai sumber.

1. Menggunakan Jaket yang Hangat

Saat musim hujan tentu suhu udara akan berubah menjadi lebih dingin dari biasanya. Maka diperlukan jaket yang memiliki bahan cukup tebal agar memberikan kehangatan. Bagi pengendara motor hal tersebut harus jadi perhatian, soalnya jika menggunakan jaket yang berbahan tipis bukan tak mungkin masuk angin bisa terjadi.

2. Tidak Berkendara Saat Perut Kosong

Ketika ingin berpergian, pastikan dulu untuk mengisi perut agar tidak kosong. Saat sudah terisi makanan, Anda akan mendapat pasokan energi yang dapat membantu tetap fit dan konsentrasi saat berkendara.

Tips hujan untuk pemotorTips hujan untuk pemotor Foto: Astra Motor

Jika perut dalam kondisi lapar, kemungkinan besar pengendara akan mengalami masuk angin. Karena tubuh akan meningkatkan kandungan gas di perut dan bahkan bisa terjadi asam lambung yang berbahaya.

3. Persiapkan Jas Hujan

Hal yang perlu diperhatikan bagi pengendara motor adalah memiliki jas hujan. Usahakan untuk selalu menggunakannya jika terjadi hujan. Jika lupa, jangan paksakan diri Anda untuk berkendara dengan menggunakan jaket saja. Ini bertujuan untuk mencegah terjadinya masuk angin, karena jaket yang basah dan angin yang menerpa badan saat berkendara memiliki resiko besar terjadinya masuk angin.

4. Hindari Stres Berlebih

Berkendara di jalan tentu membutuhkan konsentrasi yang tinggi, jika Anda berkendara dalam kondisi yang tidak nyaman karena sakit atau dengan perasaan emosi hal ini cukup mengganggu. Selain membahayakan diri Anda saat berkendara, hal itu dapat mempengaruhi kesehatan badan sehingga lebih mudah sakit.



Simak Video " Lebih Intim Dengan Honda CBR600RR "
[Gambas:Video 20detik]
(lth/lth)