Bahayanya Mengendarai Motor Sambil Mendengarkan Musik

Rizki Pratama - detikOto
Selasa, 26 Jan 2021 13:54 WIB
Main dealer sepeda motor Honda Jakarta Tangerang, PT. Wahana Makmur Sejat menggelar kampanye safety riding konsumen Honda BigBike dan review Honda Gold Wing Sabtu, 14 September 2019
Bahaya pakai headset saat mengendarai motor. Foto: Rizki Pratama
Jakarta -

Bagi beberapa berkendara sambil mendengar musik memang membuat perjalanan jadi santai. Tapi untuk pengendara motor yang menggunakan headset di telinga saat berkendara ini bisa mengundang celaka.

Penggunaan headset dan mendengarkan musik saat mengendarai motor ini tidak direkomendasikan oleh Wahana Honda. Ada beberapa risiko bahaya yang mengintai pengendara sepeda motor jika mereka mengendarai motor sambil mendengarkan musik dengan headset.

1. Konsentrasi Berkurang

Berkendara butuh banyak konsentrasi pada jalan dan segala yang ada di sekitarnya. Tidak hanya itu mengendarai motor perlu keseimbangan juga. Mendengarkan musik justru akan membuatnya kehilangan fokus hingga menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas.

2. Tidak dengar Klakson

Klakson adalah alat komunikasi kendaraan di jalan. Suara itu bisa digunakan untuk memberikan peringatan atau kode kepada pengendara lain. Misal ketika akan mendahului akan memberikan kode klakson bersama dengan lampu sein.

Tapi jika anda tidak mendengar suara klakson sehingga dapat membuat pengendara lain. Mereka yang mengira anda mendengar akhirnya salah mengambil keputusan dan berujung pada kecelakaan.

3. Kabel Headset Mengganggu

Selain dari suaranya, perangkat headset yang menggunakan kabel juga menjadi sumber bahaya. Jika Anda tidak mengenakannya dengan tepat, kabel ini bisa mengganggu fokus Anda selama berkendara.

Bisa saja kabel tersebut menyangkut lengan atau tangan hingga menyebabkan Anda kehilangan kendali dan keseimbangan. Jika sudah demikian, sudah dapat dipastikan risiko paling buruknya adalah Anda jatuh dan menyebabkan kecelakaan lalu lintas. Anda tentu tidak mau mengalaminya, bukan?



Simak Video "Ada Wanita Di Komunitas Mayoritas Kaum Adam, Motor Trail Yogyakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lth)