Motor Kena Abu Vulkanik, Ini 4 Tindakan Pertama yang Harus Dilakukan

M Luthfi Andika - detikOto
Selasa, 01 Des 2020 16:58 WIB
gunung semeru
Suasana di sekitar gunung Semeru saat meletus Foto: Nurhadi Wicaksono
Jakarta -

Abu vulkanik yang dikeluarkan gunung Semeru akibat meletus sejak dini hari memang tidak bisa dihindari, bagi warga yang kendaraannya tertutup abu vulkanik terutama motor jangan panik. Karena dengan menerapkan langkah yang tepat, sepeda motor masih bisa terjaga dan tidak akan rusak.

Seperti yang disampaikan Technical Service Division Astra Honda Motor (AHM), Sarwono Edhi kepada detikOto, Edhi menjelaskan langkah pertama yang harus dilakukan Otolovers saat sepeda motor terkena debu vulkanik diantaranya:

1. Mencuci motor dengan bersih

detikers diingatkan untuk langsung melakukan pencucian kendaraan terutama sepeda motor hingga bersih sebelum menghidupkan kendaraan. Edhi menjelaskan karena debu vulkanik bersifat abrasif sehingga disarankan untuk mencucinya terlebih dahulu.

2. Cek roda dan gear.

Langkah kedua setelah mencuci kendaraan hingga bersih ialah memperhatikan rantai roda dan gear, karena jika tidak dibersihkan abu vulkanik bisa merusak kualitas rantai dan gear.

gunung semeru meletusgunung semeru meletus Foto: Nur Hadi Wicaksono

3. Pemeriksaan filter udara.

Langkah ketiga yang harus dilakukan pemilik sepeda motor ialah langsung membersihkan filter udara. Edhi menjelaskan filter udara cepat kotor sebaiknya diperiksa ke bengkel dan ganti bila perlu. Karena filter udara biasanya yang mudah mampet, jika filter udaranya tipe viskos (mengandung minyak pelumas), maka debu akan tertangkap di situ (filter Udara).

4. Periksa rantai dan CVT untuk motor matik

Edhi juga mengatakan untuk motor matik, bagian CVT perlu dicek juga karena motor melalui atau jalan di abu vulkanik. Kalau CVT kotor, menjadikan kerja sistem CVT tidak optimum, bisa tersendat-sendat. Sedangkan untuk rantai motor yang terdapat di motor (cub atau sport) cepat dibersihkan, dengan dicuci dan kemudian dilumasi.



Simak Video "Penampakan Banjir Lahar Dingin Semeru, Warga Diminta Waspada"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)