Senin, 09 Nov 2020 15:56 WIB

Bedah Cara Kerja Teknologi Quick Shifter di Honda CBR250RR SP

Luthfi Anshori - detikOto
Ototest Honda CBR250RR SP Quick Shifter Honda CBR250RR SP Quick Shifter. Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Honda CBR250RR SP dibekali teknologi quick shifter yang membuatnya makin nyaman buat diajak kebut-kebutan. Tapi kalian tahu nggak sih, apa manfaat utama dari teknologi quick shifter ini?

Secara umum, teknologi quick shifter berfungsi mempermudah pengoperasian gigi tanpa memerlukan intervensi dari kopling. Jadi pergantian gigi naik dan turun dengan sangat cepat, bisa dilakukan tanpa menarik tuas kopling. Tuas kopling hanya dibutuhkan saat ingin memasukkan gear satu atau gear netral.

Lalu bagaimana teknologi ini bekerja pada Honda CBR250RR SP Quick Shifter?

Ototest Honda CBR250RR SP Quick ShifterOtotest Honda CBR250RR SP Quick Shifter Foto: Rifkianto Nugroho

"Caranya, sensor akan membaca perpindahan gigi ketika mengoperasikan shift pedal. Lalu dikirimkan ke ECM (Electronic Control Modul). Nah ECM akan membaca kecepatan kendaraan rpm mesin dan posisi gigi, sebagai parameter untuk mengontrol torsi mesin dengan mengendalikan bukaan throttle valve, waktu pengapian, dan waktu penyemprotan bahan bakar," bilang instruktur Technical Service Function Wahana, Wahyu Budhi, dalam sebuah diskusi virtual bersama jurnalis dan blogger, Senin (9/11/2020).

Sekadar informasi, untuk mengaktifkan fitur quick shifter pada CBR250RR, motor harus dalam keadaan diam. Setelah itu, pencet tombol--yang biasanya dipakai untuk mengganti riding mode--selama dua detik. Jika sudah aktif, maka ada indikator di pojok kanan bawah panel layar.

Ototest Honda CBR250RR SP Quick ShifterOtotest Honda CBR250RR SP Quick Shifter Foto: Dok. AHM

Pengendara bisa mengaturnya dengan menekan tombol tersebut. Terdapat 4 mode quick shifter yang dapat dipilih, yakni mode mengaktifkan quick shifter untuk menaikkan dan menurunkan gigi, untuk menaikkan gigi saja, untuk menurunkan gigi saja, dan mode quick shifter off/on.

Perlu diketahui, fitur quick shifter pada Honda CBR250RR SP ini tidak berfungsi saat menaikkan gigi dengan gas tangan tidak diputar. Kemudian, fitur ini baru berfungsi saat kecepatan mesin lebih dari 1.500 rpm, pada naik gigi atau lebih dari kecepatan stasioner pada turun gigi. Teknologi ini juga tidak akan berfungsi saat handle kopling ditarik.



Simak Video "Motor Listrik Mengaspal di Kota Bandung"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com