Senin, 09 Nov 2020 13:47 WIB

Mengenal Teknologi Assist & Slipper Clutch yang Bikin Tuas Kopling Jadi Enteng

Luthfi Anshori - detikOto
Ototest Honda CBR250RR SP Quick Shifter Honda CBR250RR SP Quick Shifter. Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Teknologi assist & slipper clutch kini jamak ditemukan pada produk motor berkapasitas mesin 150 cc hingga 250 cc yang dipasarkan di Indonesia. Setelah digunakan pada All New Yamaha R15, teknologi serupa juga diaplikasikan pada Kawasaki Ninja ZX-25R, dan New Honda CBR250RR SP Quick Shifter.

Memang apa fungsi utama dari teknologi assist & slipper clutch ini, sehingga banyak digunakan dan dijadikan jualan utama pada produk motor sport terkini?

Dijelaskan instruktur Technical Service Function Wahana, Wahyu Budhi, assist & slipper clutch memiliki fungsi masing-masing, namun keduanya saling melengkapi.

"Fitur assist berfungsi saat akselerasi, yakni untuk membantu mengoptimalkan perpindahan tenaga, dengan menghilangkan power loss pada kopling. Sedangkan slipper clutch bekerja pada saat deselerasi, fungsinya untuk mencegah roda belakang tergelincir atau slip ketika menurunkan gigi secara ekstrem akibat engine brake," kata Wahyu, dalam sebuah diskusi virtual bersama jurnalis dan blogger, Senin (9/11/2020).

Lanjut Wahyu menambahkan, fitur assist tidak hanya membantu menghilangkan power loss pada kopling, tapi juga bisa mengurangi beban saat menarik tuas kopling.

Kemudian untuk mekanisme slipper clutch, mengurangi back torsi atau engine brake yang berlebihan saat perpindahan ke gigi rendah, sehingga bisa meningkatkan kestabilan sepeda motor tersebut.

"Kan ada teman-teman yang sering melakukan pengurangan gigi secara ekstrem ya. Dengan teknologi slipper clutch ini beban clutch spring berkurang, sehingga proses engine brake jadi lebih smooth (halus)," jelas Wahyu.

Pada Kawasaki Ninja ZX-25R dan New Honda CBR250RR SP Quick Shifter, teknologi assist & slipper clutch ini makin terasa sempurna berkat teknologi quick shifter. Teknologi quick shifter memungkinkan pergantian gigi naik dan turun dengan sangat cepat tanpa menggunakan tuas kopling.



Simak Video "Duel Motor Kotor 150cc, Yamaha WR 155 Vs Honda CRF 150"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com