Rabu, 19 Agu 2020 08:42 WIB

Kenali 5 Ciri V-Belt Motor Skutik Mau Putus

Tim detikcom - detikOto
Drive belt yang menyalurkan tenaga dari mesin ke roda V-Belt motor skutik. Foto: detikOto
Jakarta -

V-Belt atau Van Belt merupakan salah satu komponen penting pada motor skutik. Komponen ini berfungsi meneruskan daya dari mesin ke roda belakang. Komponen yang terbuat dari karet ini juga rentan putus seiring pemakaian dan lama penggunaan.

Dikutip detikOto dari laman Suzuki, ada beberapa cara paling mudah untuk mengenali v-belt yang akan putus. detikers bisa mengetahui tanda-tanda v-belt putus dengan memahami 5 indikator ini. Apa saja?

Pertama, akan muncul bunyi pada bagian boks CVT yang akan terdengar pada saat akselerasi awal. Selanjutnya, akan terdengar bunyi seperti decitan pada bagian CVT sesaat setelah motor akan dijalankan.

Tanda kedua jika v-belt mau putus biasanya tarikan pada motor akan terasa kaku dan kasar. Umumnya, tarikan motor yang masih normal akan terasa halus dan lancar. Sedangkan jika v-belt akan putus, tarikan motor akan terasa keras seperti baru keluar dari rendaman air banjir.

Ciri ketiga adalah pada saat motor berada di kecepatan tinggi, jalan akan terasa sulit dan tidak mulus. Dalam hal ini akan muncul rasa seperti kampas kopling sudah mencapai titik penghabisan dan rpm akan mengalami kenaikan sebentar tetapi kecepatan motor tidak mengalami penambahan.

Tanda lain yang juga sering dijadikan patokan untuk mengetahui kondisi v-belt adalah, dengan mendeteksi adanya getaran pada motor. Namun, getaran pada motor yang disebabkan oleh v-belt tidak bisa dijadikan patokan utama karena getaran bisa hilang setelah beberapa saat.



Simak Video "Review Yaris 2020, Senjata Toyota Lawan Honda Jazz"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com