Sabtu, 13 Jun 2020 17:20 WIB

Perawatan Rem Tidak Berpengaruh dengan mesin, Tapi Ini Risiko saat Tidak Merawatnya

M Luthfi Andika - detikOto
Roda dan Rem Mobil Ilustrasi kaliper Rem Foto: Dadan Kuswaraharja
Jakarta -

Kalau ada yang beranggapan merawat rem ikut berpengaruh pada performa mesin, mungkin itu bisa dipastikan tidaklah benar. Karena memang hal itu tidak ada kaitannya dengan performa mesin. Meski demikian saat rem tidak dirawat dengan baik, kecelakaan yang berdampak pada kematian bakal mengintai detikers.

Seperti yang disampaikan Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, Suparna pada ajang tanya bengkel 'Kupas Tuntas Rem Mobil' bersama Toyota Yaris Club Indonesia.

"Rem mobil yang tidak dirawat akan berpengaruh ke bagian mesin? Sebetulnya tidak ada pengaruhnya ke mesin. tapi kalau tidak dirawat akan ada beberapa permasalahan," kata Suparna.

"Pertama rem akan macet karena kotor dan bisa menngakibatkan rem itu akan mengunci terus. Menguncinya ini tidak akan pasti apakah 50 persen atau 70 persen, tapi bisa menyebabkan rem panas, semua part lain bisa rusak, seperti kaliper, dll," tambah Suparna.

Suparna juga menjelaskan saat rem tidak dirawat dengan baik, otomatis kenyamanan saat berkendara akan berkurang.

"Kedua, pasti saat mengendarai tidak akan nyaman. Misalnya sebelah kiri depan yang kotor maka ban akan menahan dan saat jalan mobil akan terus mengarah ke kiri terus. Ketiga, efek lainnya bahan bakarnya akan boros tenaga juga akan hilang," ucap Suparna.

"Namun yang paling membahayakan saat rem tidak dirawat maka bisa menyebabkan rem menjadi blong. Karena seal-nya bocor dan saat menginjak rem maka akan terasa enteng," ujar Suparna.



Simak Video "Kawasaki Ninja ZX-25R Meluncur ke Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com