Sabtu, 13 Jun 2020 11:35 WIB

Perbedaan Mendasar antara Rem Cakram dan Tromol

M Luthfi Andika - detikOto
Ilustrasi injak rem (detikcom) Ilustrasi penggunaan Rem Foto: Ilustrasi injak rem (detikcom)
Jakarta -

Bagi sebagian pengendara mungkin kata rem cakram dan tromol tidak asing lagi. Tapi buat yang belum mengetahui perbedaannya, ternyata untuk membedakan keduanya terbilang sangat mudah.

Bukan dari sistem bekerjanya, lebih mudah membedakan sistem rem ini bisa dilihat dari bentuk tampilannya keduanya. Seperti yang disampaikan Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, Suparna pada ajang tanya bengkel 'Kupas Tuntas Rem Mobil' bersama Toyota Yaris Club Indonesia.

"Komponen rem itu paling penting untuk diperhatikan, kalau rem berfungsi dengan baik pasti kita akan lebih aman. Lebih baik mobil kita tidak bisa ngebut tapi rem-nya pakem, dibandingkan dengan mobil powerfull tapi rem-nya blong," kata Suparna.

Menurut Suparna untuk membedakan keduanya terbilang sangat mudah terutama terlihat pada desain keduanya.

"Sistem rem di kendaraan itu banyak macamnya, ada rem menggunakan tromol, cakram, abs, ebd, brake assist. Biasanya menggunakan sistem rem cakram dan tromol, kalau cakram itu berupa piringan dan tromol itu berupa mangkok, Kalau untuk piringan itu bentuknya terlihat," Suparna menambahkan.

Ganjal ban dengan batu, usahakan tidak menggunakan rem tangan. Menurunkan rem tangan bertujuan menghindari lengketnya kampas rem dengan tromol yang bisa mengakibatkan rem belakang lengket. Apabila mobil diparkir miring atau berada ditanjakan sebaiknya ganjal roda sehingga mobil tidak bergerak.Ganjal ban dengan batu, usahakan tidak menggunakan rem tangan. Menurunkan rem tangan bertujuan menghindari lengketnya kampas rem dengan tromol yang bisa mengakibatkan rem belakang lengket. Apabila mobil diparkir miring atau berada ditanjakan sebaiknya ganjal roda sehingga mobil tidak bergerak. Foto: Dadan Kuswaraharja

Jika dilihat dari kedua sistem pengereman ini, keduanya jelas memiliki perbedaan mendasar. Seperti dalam penulusuran detikOto. Rem tromol yang saat ini masih menggunakan sistem mekanis sedangkan sistem rem cakram sudah hidrolis.

Kelebihan rem cakram bisa dilihat dari fungsinya, yaitu menggunakan tekanan fluida atau minyak rem untuk mendorong pads/kampas mengurangi putaran piringan cakram, perawatannya jauh lebih mudah, hingga proses penggantiannya juga lebih mudah.

Namun untuk perawatan rem tromol, detikers harus membuka roda terlebih dahulu baru bisa melihat kondisi seberapa banyak kampas rem yang telah digunakan.



Simak Video "The New GLS, SUV Mercedes Setingkat S-Class"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com