Ini Cairan Antivirus Corona yang Aman Disemprot ke Kendaraan Bermotor

Luthfi Anshori - detikOto
Kamis, 09 Apr 2020 06:44 WIB
Ilustrasi motor disemprot cairan antiseptik
Ilustrasi motor disemprot cairan antiseptik.Foto: Scooter VIP
Jakarta -

Salah satu bentuk pencegahan virus corona bisa dilakukan dengan membersihkan kendaraan bermotor menggunakan cairan disinfektan. Namun cara itu dikhawatirkan berefek negatif, sebab cairan yang mengandung bahan kimia itu berisiko menimbulkan bercak atau water spot pada cat kendaraan.

Dijelaskan Business Relation Scooter Victory Inter Part, Millenia Indra Apriliana, ada cairan pembasmi virus yang aman disemprotkan pada area luar motor maupun mobil. Cairan itu merupakan bahan antiseptik, yang 100 persen murni dari air.

"Antiseptik ini lebih aman. Jadi bahannya 100% air murni yang disterilkan, disuling dan diatur kadar PH-nya menjadi 2,5. Ini ampuh membersihkan virus, bakteri dan kuman yang melekat pada pakaian, helm, dan kendaraan pelanggan. Beda dengan disinfektan yang punya efek samping kedepannya," ujarnya dalam keterangan resmi kepada detikOto, Rabu (8/4/2020).

Cairan ini pula yang akhirnya diterapkan di bengkel Scooter VIP Bekasi. Cara penggunaannya mirip bilik disinfektan. Jadi setiap karyawan, konsumen, tamu, dan termasuk sepeda motor yang ingin masuk ruang bengkel harus melewati Antiseptic Chamber untuk disterilkan terlebih dahulu.

Di tengah ancaman kesehatan karena terjadinya pandemi virus Corona, mau tidak mau bengkel kendaraan bermotor saat ini wajib melakukan berbagai ketentuan protokol kesehatan untuk menjamin kesehatan konsumen dan para pekerjanya.

Beberapa bengkel motor resmi maupun bengkel umum sudah menyediakan fasilitas cuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer, ada juga bengkel motor yang menawarkan jasa servis kendaraan di rumah pelanggan.



Simak Video "Persiapan Sidang Tahunan, Kompleks DPR/MPR Disemprot Disinfektan"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)