Minggu, 22 Mar 2020 08:17 WIB

Mumpung #dirumahaja, Saatnya Usir Virus dari Helm

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Cuci helm Berusaha mencegah penyebaran virus corona dengan mencuci helm. Foto: detikOto
Jakarta -

Virus corona COVID-19 bisa menyebar dari berbagai media. Bahkan, helm pun bisa menjadi perantara penularan virus COVID-19. Untuk itu, pemilik helm motor disarankan agar membersihkan helmnya secara rutin.

Menurut Spesialis penyakit dalam dan vaksinolog Omni Hospitals Pulomas, dr Dirga Sakti Rambe, M.Sc, Sp.PD, saat orang sakit batuk atau bersin akan mengeluarkan droplet. Droplet dapat menempel di bagian dalam helm dan bisa menulari orang lain yang menggunakan tersebut.

"Misalnya ada orang sakit tapi tidak sadar ia sakit, lalu batuk atau bersin atau bicara mengeluarkan droplet. Droplet ini menempel di bagian dalam helm sehingga bisa menulari orang sehat yang pakai helm itu," paparnya.

Agar tak menularkan virus, helm sebaiknya dicuci, terutama bagian inner atau bantalan dalam helm. Sebab, menurut juru bicara pemerintah terkait penanganan virus corona, Achmad Yurianto, virus bisa mati dengan detergen apa pun.

"Karena kita tahu virus ini bungkusnya, envelope-nya, sangat rapuh jika terkena detergen. Dia akan gampang pecah. Kalau pecah, maka virusnya akan mati. Ini yang penting. Detergen apa pun," ujar Yuri.

Bagian dalam helm biasanya bisa dilepas dan dipasang kembali dengan mudah. Nah, bagian yang mudah dilepas itu bisa dicuci. Ahmad dari komunitas Belajar Helm menyarankan untuk mencuci helm, jangan lupa membersihkan bagian dalam atau inner helm yang bisa dilepas. Cara mencucinya pun tidak sulit, kurang lebih sama seperti mencuci pakaian.

"Cukup direndam dengan air dan detergen beberapa saat, kemudian cukup dikucek dan dibilas," kata Ahmad.

Namun, tidak disarankan menggunakan sikat untuk membersihkan kain inner helm. Sebab, penggunaan sikat bisa merusak bahan inner helm. "Cukup kucek pakai tangan aja," sarannya.

Kalau sudah dibilas, keringkan inner helm tersebut. Tak sempat mengeringkan bagian dalam helm karena hujan? Anda bisa mengeringkannya dengan bantuan kipas angin.

Untuk bagian visor atau kaca helm pun perlu dibersihkan. Beberapa helm juga visornya bisa mudah dilepas sehingga lebih gampang dibersihkan. Ahmad menyarankan untuk membersihkan visor bisa menggunakan cairan pembersih. Mengutip Motorcyclist Online, visor helm bisa dibersihkan dengan air hangat. Setelah menyemprotnya dengan cairan pembersih atau air hangat, jangan lupa dikeringkan dengan lap bersih yang terbuat dari bahan lembut.

Untuk bagian luar, helm sebaiknya juga dibersihkan secara detail sampai bagian ventilasinya. Untuk bagian yang sempit di mana lap atau spons tidak bisa membersihkannya, bisa menggunakan cotton buds. Nah mumpung libur dan tetap #dirumahaja, detikers bisa mengisi waktu luang dengan mencuci helm.



Simak Video "Soal Corona, Pemerintah: Yang Sakit Jangan Didiskriminasi"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com