Senin, 02 Mar 2020 14:16 WIB

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Touring Motor

Rizki Pratama - detikOto
Touring motor Royal Enfield Himalayan ke Bromo Ada beberapa kesalahan umum yang membuat touring kurang asyik Foto: (dok. Istimewa)
Jakarta -

Melakukan perjalanan dengan sepeda motor memang sesuatu hal yang menyenangkan. Sayangnya tak sedikit orang yang touring motor, perjalanannya kacau hanya karena kesalahan yang ia buat sendiri.

Dilansirkan dari Rideapart, ada 5 hal yang sering dilakukan para petualang motor sehingga membuat perjalanan kurang menyenangkan. Berikut uraiannya.

1. Terlalu Banyak Membawa Barang
Memang beberapa orang terlalu berhati-hati dalam mempersiapkan perjalanan jauh dengan motor. Tidak sedikit dari mereka justru membawa barang yang ternyata nantinya tidak digunakan sama sekali. Kelebihan bawaan ini akan sangat mengganggu pengendalian motor yang butuh keseimbangan saat mengendarainya. Pastikan untuk benar-benar membawa barang yang perlu seperti sandang pangan dan obat-obatan saja. Jangan membawa barang yang tidak perlu.

2. Bikin Rencana Terlalu Ribet atau Kurang Matang
Membuat rencana perjalanan itu memang sangat diharuskan. Namun rencana yang buruk adalah rencana yang tidak fleksibel. Dalam perjalanan bisa saja terjadi hal yang akan merusak rencana. Sementara itu perencanaan yang minim akan membuat perjalanan menjadi tidak fokus karena segala keputusan diambil secara spontan.

3. Terlalu Fokus Pada Tujuan
Perlu diingat, tujuan bukan satu-satunya yang menjadi esensi dari touring. Nikmati perjalanan karena bisa jadi Anda akan menemukan berbagai pengalaman dan pemandangan baru. Dalam touring kecepatan bukanlah yang utama, tidak ada yang perlu dikejar.

4. Boros
Sesungguhnya mengenai keuangan tentu kembali pada kemampuan ekonomi masing-masing orang. Namun, jika ingin menikmati petualangan dan pengalaman baru sebaiknya tidak mencari penginapan atau restoran mahal. Berbaurlah bersama orang-orang sekitar di mana anda bisa mendapatkan cerita-cerita baru atau mungkin tempat-tempat menarik yang tersembunyi.

5. Menggunakan Kelengkapan Berkendara yang Tidak Tepat
Gunakanlah aparel yang tepat. Misalnya sesuaikan aparel dengan cuaca atau tujuan. Jangan sampai anda kepanasan atau kedinginan.



Simak Video "Segahar Apa Mobil Baru Ronaldo Seharga Rp 145 M?"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com