Jumat, 28 Feb 2020 12:03 WIB

Biasa Main Offroad Lebih Lihai Lewati Jalan Rusak?

Rizki Pratama - detikOto
Jalan Raya Kaliabang di Bekasi, Jawa Barat, terlihat mengalami kerusakan parah. Kondisinya bak kubangan kerbau. Teknik main motor offroad dapat digunakan saat melewati jalan rusak berlubang Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Tidak jarang parahnya kerusakan jalan aspal di musim hujan membuatnya hampir sama dengan kondisi medan off road. Nah, apakah orang yang biasa main motor terabas lebih terampil mengarungi jalan aspal yang berlubang?

Secara teknis cara berkendara untuk off road dan melewati jalan berlubang tidak jauh berbeda. Postur berkendara ala main motor terabas dapat diterapkan untuk mempermudah pengendalian sepeda motor di jalan aspal yang berlubang.

"Sama sih, saat berkendara di jalan yang tidak biasa, off road, tanah, berlubang, bergelombang dibutuhkan riding position yang baik agar tidak mencederai tubuh," jelas Instruktur Indonesia Road Safety Agent (IRSA), Andry Berlianto saat dihubungi detikcom, Kamis (27/2/2020).

Meski pada praktiknya di jalan berlubang tak sepenuhnya diterapkan, pengendara yang sudah sering main motor off road memiliki reaksi dan kepekaan yang lebih baik dalam mengontrol motornya.

"Kesiagannya lebih baik karena terbiasa dengan situasi tidak biasa," tambah Andry.


Namun, bagi Anda yang tidak biasa main motor terabas pun tetap bisa melewati jalan berlubang dengan aman. Supaya hentakan saat memasuki lubang tidak terlalu keras, posisikan bokong sedikit lebih jauh ke belakang dan tidak menempel pada tempat duduk. Pastikan pula tangan memegang erat stang agar kendali tidak lepas.

"Setelah kita tahu tidak ada pilihan lain semisal kondisi ramai, atur posisi tubuh sebaik mungkin. Setengah berdiri, pegang kuat-kuat handlebar. Pandangan lurus ke depan dan bokong sedikit ke belakang dengan maksud merubah tumpuan lebih ke belakang," tutur Andry.



Simak Video "Jalan Rusak Parah, Massa Geruduk Kantor Bupati Mamasa"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com