Rabu, 19 Feb 2020 10:23 WIB

Kabel Motor Matic Rusak Digigit Tikus, Segini Biaya Servisnya

Luthfi Anshori - detikOto
Ban skutik biasanya berukuran lebih kecil Ilustrasi motor matic.Foto: detikOto
Jakarta -

Tikus bisa menjadi mimpi buruk bagi para pemilik motor matic. Sebab hewan pengerat satu ini paling hobi menyusup ke ruang kosong motor matic dan menggigiti komponen kabel yang ada di sekitarnya. Lalu bagaimana perbaikan kabel motor yang digigiti tikus?

Dikatakan pemilik bengkel RI Matic Shop Muhammad Ikim, biaya perbaikan komponen kabel kelistrikan yang rusak karena gigitan tikus, cukup murah.

"Perkirannya hanya habis Rp 20 ribu," ucap Ikim saat berbincang dengan detikcom.

Lanjut Ikim, pemilik kendaraan bermotor tidak harus mengganti keseluruhan kabel yang telah rusak. "Jadi nggak semua kabel diganti. Bisa diganti ujung ke ujung kalau disambung nggak sampai," jelas Ikim.

"Kalau kabelnya sampai, cukup disambung pakai selang bakar dan solasi nitto yang bagus. Dijamin tikus nggak mau gigit lagi," terangnya lagi.

Untuk diketahui, tikus bisa masuk ke ruang kosong di bawah dek motor matic melalui standar samping. Setelah masuk ke ruang kosong tersebut, biasanya tikus memakan kabel bawaan motor pada switch standar samping.

"Akibatnya motor nggak bisa di-starter alias kosong. Karena nggak ada kontak kelistrikan meskipun panel speedometer, klakson, lampu, dll nyala," ujar Ikim.

Cara mencegah tikus masuk ke dek motor matic sebenarnya cukup gampang. Yang penting pastikan pemilik kendaraan menjaga lingkungan di rumah agar tetap bersih dan bila perlu beri kamper atau kapur barus di motor, supaya hewan-hewan ogah mampir.



Simak Video "Tikus Merajalela di Blora, Pemkab-Polisi Turun Tangan Inisiasi Perburuan"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com