Minggu, 26 Jan 2020 17:16 WIB

Ingat! Jas Hujan Tidak Kurangi Resiko Kecelakaan Saat Hujan

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Dalam berkendara dengan motor jas hujan memang menjadi penyelamat agar mobilitas tetap bisa diteruskan. Bahan material jas hujan yang anti air dapat menjamin tubuh pengendara dari terpaan hujan, namun bukan berarti jas hujan akan meningkatkan keamanan berkendara saat hujan.

Meski tubuh tidak basah dan kedinginan tetap saja dalam berkendara motor tetap berada di atas aspal yang basah. Kondisi ini mau tidak mau memberikan pengaruh terhadap tingkat pengendalian dari motor.

"Banyak salah kaprah ketika berkendara motor terus pakai jas hujan maka lantas kita aman dari hujan tapi tidak aman dari bahaya lain ketika sebuah lingkungan sedang dalam kondisi hujan. Motor adalah kendaraan bermotor terkecil dan sangat tidak stabil ketika berada di jalan" kata instruktur Rifat Drive Labs, Erreza Hardian kepada detikcom melalui pesan singkat, Jumat (24/1/2020).

Selain itu, pengendara juga mengalami gangguan dalam berkendara juga saat hujan. Bisa dari minimnya jarak pandang hingga menurunnya kemampuan indera pendengaran.

"Semua pengemudi di jalan sedang keterbatasan baik secara visual, pendengaran dan rasa," ungkapnya.

Dari resiko tersebut tentu akan memperbesar resiko kecelakaan saat berkendara di cuaca hujan. Jas hujan pun tak akan mampu menyelamatkan atau mengurangi bahaya dari resiko yang diambil itu.

"Tidak ada proteksi apapun kepada pengemudinya. Manusia dan kendaraan sudah sangat beresiko ditambah dengan lingkungan yang sedang hujan," jelas Reza.



Simak Video "Viral Evakuasi Jenazah Pakai Jas Hujan di Kendari, Ini Faktanya"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/riar)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com