Jumat, 24 Jan 2020 10:51 WIB

Dear Scooterist, Ini Cara Merawat Vespa Saat Musim Hujan

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: Scooter VIP
Jakarta -

Saat musim hujan di Indonesia khususnya wilayah Jabodetabek, biasanya para pengguna Vespa menjadi lebih was-was. Hambatan lebih banyak terjadi di musim hujan untuk pengguna kendaraan beroda dua karena timbulnya genangan air di beberapa titik, ataupun saat nekat menerjang lebatnya hujan.

Nah supaya kondisi Vespa tetap awet, para scooterist wajib melakukan perawatan ekstra pada kendaraan kesayangannya. Seperti dijelaskan Kepala Bengkel Scooter VIP, Abdul Rosyid, ada 4 cara merawat Vespa matik saat musim hujan.

"Pertama, Hindari genangan air yang terlalu tinggi. Perlu selalu perhatikan kondisi CVT apabila nekat melintasi genangan air karena lubang pernafasan CVT berada dibawah body motor. Tidak berbeda dengan kendaraan matik lainnya, jika air masuk ke dalam CVT, maka kopling bisa mengalami slip dan alhasil Vespa menjadi mati," ujar Abdul dalam keterangan resmi kepada detikcom, belum lama ini.

Kedua, apabila Vespa sudah terlanjur terkena air hujan yang memiliki berbagai kandungan zat, upayakan selalu membilas Vespa dengan air biasa dan di lap kering. Meskipun bodi Vespa matik sudah di desain memiliki lapisan anti karat, namun tetap perlu adanya upaya untuk menghindari cat menjadi kusam.

"Ketiga, rutin memanaskan Vespa matik setiap pagi serta rutin melakukan service agar kondisi Vespa tetap fit. Perlu membersihkan CVT dan saringan udara secara rutin," lanjut Abdul.

"Keempat, pastikan tekanan angin ban selalu terjaga agar tidak terlalu keras atau terlalu kempis. Jadi selamat mencoba tips merawat Vespa saat musim hujan. Dan pastikan tetap jaga keselamatan. Apabila hujan terlalu lebat, ada baiknya menunggu sesaat," pungkasnya.

Dear Scooterist, Ini Cara Merawat Vespa Saat Musim Hujan


Simak Video "Tips Libur Long Weekend di Musim Hujan"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com