Selasa, 03 Des 2019 12:14 WIB

Kenali Penyebab Masalah Komstir CB150R

Rizki Pratama - detikOto
Ilustrasi Foto: Dok. AHM Ilustrasi Foto: Dok. AHM
Jakarta - Komstir merupakan komponen penting yang ada di sistem kendali motor. Benda ini biasanya terletak di sumbu antara segitiga garpu depan.

Untuk motor Honda keluhan komstir ini kerap ditemui di motor CB150R dan Vario. Ketika mengalami masalah cukup gampang mengenalnya karena akan terasa ada terdengar suara aneh ketika menggunakan rem depan. Selain itu saat dikendarai kendali terasa tidak stabil.



Masalah ini biasanya timbul akibat hentakan keras polisi tidur atau masuk lubang. "Komstir memang sering, baik CB atau Vario itu karena lubang atau polisi tidur," kata Kepala Bengkel Wahana Makmur Sejati Honda, Timbul Suwardy saat ditemui detikcom di diler Wahana, Sawah Besar, Jakarta Pusat.

Bahaya yang diintai oleh masalah ini adalah pada saat berkendara manuver tidak sempurna. Selain itu kepercayaan diri berkendara juga karena tidak nyaman.



"Risikonya karena kendor ketika jalan pelan begitu berasa goyang, kalau belok gulir berasa mau jatuh," ungkap Timbul.

Untuk menghilangkannya perlu penanganan yang tepat, sebab bisa jadi masalah ini kembali muncul. "Penyetelan di baut komstir. Prosesnya harus bener ada dua baut atas dan bawah, jadi yang harus dilakukan baut atas kendorin dulu baut yang bawah sama kendorin. Terus disesuaikan kebutuhan komstir baru yang atas kencengin," jelas Timbul.



Ia menyarankan untuk melakukan perbaikan ini kepada ahlinya karena cukup rumit. Selain itu tentu perbaikan di bengkel resmi ada garansi bila masalah kembali di masa tertentu.

"Baiknya benerin di bengkel ada garansi pengerjaan. Kalau mau sendiri boleh aja kalau bisa," pungkasnya.

Simak Video "Pengakuan Pemuda yang Bakar Motor karena Ditilang"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com