Kamis, 28 Nov 2019 16:32 WIB

Ini Cara Pengereman Motor yang Benar

M Luthfi Andika - detikOto
Foto: Grandyos Zafna Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Buat detikers yang selalu berkendara, tahu tidak baik motor dan mobil itu memiliki beberapa cara untuk mengerem atau mengurangi laju berkendara.

Ternyata untuk motor sendiri itu ada 3 cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi kecepatan. Sedangkan mobil, memiliki 2 cara untuk mengurangi kecepatan, seperti yang disampaikan Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu kepada detikcom.



"Pengereman yang baik memang perlu diketahui baik saat musim hujan atau kemarau," ujar Jusri.

"Pengereman itu ada beberapa cara, kalau untuk sepeda motor itu ada 3 cara. Yakni pengereman dengan engine break, lalu menginjak rem, lalu saat merasa kurang mengurangi laju bisa engine brake lagi. Sedangkan mobil, itu ada dua cara, yakni engine brake dan menginjak rem," kata Jusri.

Jusri menjelaskan, jika bicara soal cara pengeremannya, Jusri memastikan harus ada pelatihannya agar bisa langsung praktik. Meski demikian Jusri coba memberikan sedikit tentang bagaimana cara melakukan pengereman.



"Kapan menggunakan rem depan atau belakang. Ini jawabannya berdasarkan kecepatan. Saat berkendara dengan kecepatan 30 km/jam pengereman yang baik dilakukan menggunakan rem belakang," ujar Jusri.

"Ketika kendaraan 30 km/jam ke atas itu kombinasi brake depan-belakang. kalau di atas 80 km/jam disarankan menggunakan rem depan terlebih dahulu secara lembut, baru beralih ke rem belakang. Dan saat ingin berhenti rem depan lepas saat kecepatan mencapai 30 km/jam," tambahnya.

Saat melakukan pengereman, ada satu hal yang perlu diingat. Saat ingin memberhentikan kendaraan perhatikan spion.

"Ketika keputusan mengerem, cek kaca spion belakang. Kalau aman baru kita memberhentikan kendaraan. Kalau tidak aman atau ada pengendara lain rem sambil menghindar. Dan saat hujan, pengereman dilakukan lebih halus, dan berkendara lebih pelan," katanya.

Ini Cara Pengereman Motor yang Benar


Simak Video "Mobil Listrik Tercepat di Dunia Ini Hanya Dibuat 50 Unit"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com