Kamis, 31 Okt 2019 12:43 WIB

6 Cara Menyetel Karburator yang Benar dan Irit

Sudiarto Putra - detikOto
6 Cara Menyetel Karburator yang Benar dan Irit /oto: Luthfi Anshori 6 Cara Menyetel Karburator yang Benar dan Irit /oto: Luthfi Anshori
Jakarta - Karburator sangat berpengaruh terhadap performa motor. Karburator adalah alat untuk mencampurkan bensin ke dalam udara yang menuju mesin.

Ada beberapa kasus yang mengharuskan kita untuk melakukan setting ulang kembali karburator dengan tujuan untuk menghasilkan performa maksimal pada motor.



Untuk mengetahui apa saja ciri-ciri masalah karburator yang harus di setting ulang, berikut penjelasan di bawah ini:

1. Kotoran yang menggumpal di dalam karburator akn menghambat suplai angin yang akan masuk ke dalam karburator, sehingga membuat tenaga mesin menjadi berkurang. Apabila hal ini terjadi, kita wajib melakukan setting ulang agar karburator bisa kembali bkerja dengan baik.

2. Selain sebagai sistem pembakaran, karburator juga berpengaruh dalam menghidupkan mesin. Sering kali terjadi mesin tidak dapat menyala dikarenakan settingan karburator yang salah.

3. Jika ingin melakukan setting ulang karburator sebaiknya setelah melakukan pergantian busi motor yang sudah mati.

4. Seringkali motor mengalami mesin brebet saat dikendarai pada rpm rendah. Hal ini biasanya dikarenakan penyetelan angin yang kurang tepat.

Menyetel karburator itu sangat mudah. Kita bisa melakukanya sendiri dengan mudah tanpa perlu bantuan orang lain atau pergi ke bengkel. Untuk menyetel karburator tidak perlu menggunakan komputer, semuanya bisa dilakukan dengan hanya menggunakan obeng.

Kenapa alasan orang banyak memilih mesin motor karburator? Karena perawatannya yang lebih mudah dan biaya yang dikeluarkan cukup terjangkau. Untuk mengetahui bagaimana cara menyetel karburator dengan benar simak ulasan di bawah ini:

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com