Sabtu, 19 Okt 2019 07:36 WIB

Begini Cara Merawat Suspensi Upside Down Motor

Luthfi Anshori - detikOto
Motor seperti Yamaha MT-25 sudah menggunakan suspensi USD Foto: Pradita Utama Motor seperti Yamaha MT-25 sudah menggunakan suspensi USD Foto: Pradita Utama
Jakarta - Suspensi upside down (USD) kini mulai banyak digunakan pada produk-produk motor terbaru. Tidak hanya digunakan pada motor-motor keluaran pabrik, suspensi upside down juga marak digunakan sebagai pilihan bahan modifikasi.

Lalu untuk perawatannya gimana ya? Apakah sama saja seperti cara merawat suspensi teleskopik biasa?



Ternyata sama saja detikers. Intinya, pemilik motor harus menjaga supaya batang as tidak baret-baret. Terlebih pada suspensi upside down, inner tube terletak di bawah, sehingga menjadi lebih gampang kena kotoran.

Begini Cara Merawat Suspensi Upside Down MotorFoto: Rangga Rahadiansyah


Karena sedikit saja debu atau kotoran menempel, maka bisa membuat karet (seal) rusak dan menyebabkan kebocoran oli. Selain itu, seperti ditulis di lamanRevzilla, posisi seal suspensi upside down ada tepat di atas rem, sehingga jika seal bocor maka tidak hanya berdampak ke performa peredaman saja, tapi bisa tercecer juga ke kampas rem depan. Dan itu sangat membahayakan pengendara, karena rem bisa menjadi licin.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Perubahan Sisi Desain dan Fitur Yamaha MT 25"
[Gambas:Video 20detik]
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com