Selasa, 24 Sep 2019 12:13 WIB

Tips Pengendara yang Terkena Imbas Demo Mahasiswa di DPR

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Foto: Rifkianto Nugroho Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - Hari ini akan ada aksi demonstrasi mahasiswa di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta. Imbas aksi demonstrasi mahasiswa di Gedung DPR, beberapa ruas jalan di Jakarta dialihkan. Pengendara yang tetap beraktivitas hari ini mungkin akan terkena imbasnya.

Untuk itu, ada beberapa tips kepada pengendara yang terkena imbas demonstrasi mahasiswa di Gedung DPR. Instruktur safety riding RDL, Andry Berlianto, mengatakan sebaiknya para pengendara tetap up to date terhadap situasi lalu lintas.



"Info-info bisa didapat melalui aplikasi GPS, ada warna merah yang berarti kepadatannya tinggi atau melalui pemberitaan media TV, radio, dan lain-lain," kata Andry kepada detikcom, Selasa (24/9/2019).

Kepolisian memang melakukan rekayasa lalu lintas untuk menghindari penutupan jalan imbas demonstrasi mahasiswa. Andry menyarankan agar pengendara memahami jalur alternatifnya.



"Pahami jalur beserta antisipasinya sehingga tidak mudah tersesat jika harus berputar-putar," katanya.

Selain itu, penutupan jalan biasanya akan berimbas kepada kemacetan. Sebaiknya pengendara tetap redam emosi dan mengedepankan keselamatan berkendara.

"Redam emosi dengan memahami apa yang didemonstrasikan, memunculkan sikap empati terhadap perjuangan pendemo. Pengendara juga bisa membawa bekal air minum yang berfungsi sebagai peredam dahaga sekaligus bisa meredam emosi," sebut Andry.

Simak Video "Bukan Spanduk atau Poster, Pelajar Ini Demo Bawa Ular!"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com