Sabtu, 21 Sep 2019 16:59 WIB

Tips Melapis Motor Pakai Krom Biar Nggak Kelihatan Norak

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: Luthfi Anshori/detikOto Foto: Luthfi Anshori/detikOto
Jakarta - Biar motor makin terlihat mewah dan elegan, salah satu caranya, dengan mengaplikasi lapisan krom di komponen logam atau besi. Tapi juga jangan terlalu berlebihan ya, detikers, nantinya malah jadi kelihatan norak.

Menurut Kepala Produksi Dahsyat Chrome Nanang, tren melapis krom di motor dibagi menjadi dua jenis. Pertama hanya untuk pemanis, kedua krom penuh di area kaki-kaki.



"Kalau untuk pemanis saja, biasanya krom di bagian behel, standar ganda, standar samping, engkolan, dan knalpot. Ini biasa dilakukan pemilik motor matik kayak PCX, Mio, Nmax, Vario, dan Nouvo," kata Nanang ditemui detikcom, di Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Sementara untuk krom penuh di area kaki-kaki, area yang disarankan adalah lengan ayun, footstep, blok mesin, tabung sok, spatbor, dan setang. Ini cocok diterapkan di motor-motor naked sport seperti RX-King maupun Honda CB gen lawas.

Sparepart KromSparepart Krom Foto: Luthfi Anshori/detikOto


Nanang sendiri tidak merekomendasikan melapis material plastik dengan krom. Sebab material plastik dinilai tidak tahan lama dalam menjaga lapisan krom supaya tetap menempel lama.



"Memang untuk awet-awetan sih lebih awet krom yang di besi atau logam. Kalau di plastik cenderung cepat pudar warnanya, contohnya kayak krom di cover radiator, itu nggak tahan lama lapisannya," terang Nanang.

Simak Video "Pengakuan Pemuda yang Bakar Motor karena Ditilang"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com