Jumat, 20 Sep 2019 08:12 WIB

Nih Caranya Pilih Jenis Bensin yang Cocok untuk Motor

Luthfi Anshori - detikOto
Ilustrasi isi bensin motor. Foto: dok. Pertamina Ilustrasi isi bensin motor. Foto: dok. Pertamina
Jakarta - Pemilihan bahan bakar untuk kendaraan harus sesuai kompresi mesin. Karena jika tidak, ada potensi bensin tidak terbakar dengan sempurna dan menimbulkan masalah pada mesin.

Melansir webiste suzuki.co.id, cara termudah memilih bensin yang cocok adalah dengan memperhatikan rasio kompresi mesin. Data spek rasio kompresi mesin biasa ada pada buku panduan resmi.


Jika motor Anda memiliki rasio kompresi mesin di atas 11:1 sampai 13:1, disarankan untuk memakai bensin RON (Research Octane Number) 98 seperti Pertamax Turbo.

Kemudian untuk sepeda motor yang rasio kompresinya di atas 10:1 sampai 11:1, idealnya memakai bensin RON 92 seperti Pertamax.

Lalu, untuk motor yang punya rasio kompresi di bawah 10:1 sampai 9:1, bisa diisi bensin jenis Pertalite yang punya RON 90. Sementara kalau rasio kompresi sepeda motor Anda di bawah 9:1, dibolehkan memakai bahan bakar Premium (RON 88).

Menggunakan bahan bakar yang sesuai untuk kendaraan, membuat pembakaran dalam mesin berjalan sempurna.

Sementara jika memakai bensin yang tidak cocok dengan kompresi mesin, maka akan menimbulkan masalah. Misal harusnya pakai Pertalite, tapi malah pakai Pertamax, maka mesin motor akan cepat panas.


"Sedangkan kalau pakai bensin dengan oktan lebih rendah dari rekomendasi, maka tarikan motor akan terasa berat, top speed kurang, dan mesin gampang ngelitik," kata pakar energi ITB Bandung, Tri Yuswidjajanto, beberapa waktu lalu.

Nah, jadi jangan sembarang pilih bensin untuk kendaraanmu ya detikers.

Simak Video "B30 Bisa Bikin Negara Hemat Rp 70 Triliun"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com