Senin, 19 Agu 2019 08:17 WIB

Motor Mogok Habis Dicuci? Mungkin Ini Penyebabnya

Luthfi Anshori - detikOto
Ilustrasi motor mogok. Foto: Wisma Putra Ilustrasi motor mogok. Foto: Wisma Putra
Jakarta - Mencuci motor secara rutin bisa membuat komponen logam terjaga dari serangan karat. Selain itu, motor yang bersih juga lebih enak digunakan ketimbang motor yang kotor dan penuh debu.

Tapi dalam mencuci motor juga perlu hati-hati nih, detikers. Sebab tak jarang ada kasus motor mogok sehabis dicuci. Lalu apa yang menyebabkan motor mogok setelah dicuci bersih?


Pertama, air masuk karburator. Karburator menjadi komponen penting pada motor karena fungsinya untuk mengabutkan bahan bakar dengan udara sebelum disemprotkan ke ruang bakar. Jika komponen ini kemasukan air, tentunya motor bisa mogok. Solusinya, mangkuk karburator harus dibongkar dan dibersihkan.

Kedua, sistem pengapian yang kemasukan air. Bagian busi termasuk rentan kemasukan air. Jika komponen ini sudah kemasukan air, maka akan sulit memantikkan api ke ruang bakar.

Solusinya, pasang busi pada kop busi, dan tempelkan ulir busi pada blok silinder atau kepala silinder. Lalu, nyalakan motor dengan kick starter. Kalau ada percikan api yang keluar, maka kelistrikan dari motor tidak bermasalah.


Ketiga, masih dari sistem kelistrikan, part lain yang juga rentan mogok saat kena air adalah kop busi. Kop busi motor juga bisa menjadi masalah utama pada mogoknya motor karena air bisa cukup mudah masuk ke dalam bagian itu.

Kop busi merupakan bagian yang menghubungkan kabel busi dengan busi. Untuk membersihkannya, hanya perlu mencopot kop busi dan membersihkannya dengan kain yang kering.

Simak Video "Bule-bule di Surabaya Ini Siap Cuci Motor Anda Gratis, Mau Coba?"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com